Mobil Stir Kanan Vs Stir Kiri, Lebih Bagus Mana?

Mobil Stir Kanan Vs Stir Kiri, Lebih Bagus Mana?

Perbedaan aturan global di dunia otomotif salah satunya ada pada letak posisi stir kendaraan. Dan tiap negara termasuk Indonesia masing-masing memiliki sejarah mengenai hal tersebut. Dalam hal ini Indonesia menggunakan posisi kemudi di sebelah kanan.

Baca :  Ini Sebab Indonesia Gunakan Posisi Kemudi Sebelah Kanan

Pada kenyataannya Indonesia berserta negara pengguna stir kanan saat ini menjadi minoritas. Di seluruh permukaan bumi ini ternyata pengguna sistem kemudi di sebelah kanan hanya 35-40% saja. Sisanya menggunakan posisi stir di sebelah kiri.

Peta berwarna biru menandakan pengguna mobil stir kanan

Tentu bukan suatu bentuk dosa saat menjadi minoritas, namun kemudian beberapa pendapat mengenai keunggulan ataupun kekurangan masing-masing posisi mengemudi.

Menurut penelitian yang dilakukan J. J. Leeming pada 1969, negara yang menerapkan undang-undang posisi stir di sebelah kiri memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas yang lebih rendah daripada negara yang menerapkan posisi kemudi di bagian kanan.

Saat berkendara di kiri, mata kanan dengan tenaga yang lebih baik lebih banyak digunakan untuk memantau arah berlawanan dari lalu lintas dan kaca spion yang berada di dekat pengemudi.

Selain itu, pendapat lain yang mengatakan posisi kemudi kiri lebih aman untuk orang tua berkenaan dengan proses alami, yakni penurunan kemampuan untuk fokus ke kiri.

Dari hasil penelitian tersebut mungkin kita sedikit kecewa, namun setidaknya dapat menjadi pengetahuan bagi kita untuk lebih waspada dalam berkendara.

Markondez

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com