Mobil Paling Irit BBM Versi OtoDriver Tahun 2019

Mobil Paling Irit BBM Versi OtoDriver Tahun 2019

Efisiensi bahan bakar tentu menjadi salah satu faktor penentu dalam membeli mobil. Oleh sebab itu dalam setiap pengujian yang kami lakukan, faktor ini selalu kami perhitungkan.

Efisiensi bahan bakar kami bagi menjadi dua kategori. Pertama untuk penggunaan rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam dan penggunaan dengan kecepatan konstan 90 km/jam untuk rute luar kota seperti jalan tol. Dari sekitar 40 mobil yang kami review secara mendalam sepanjang 2019, berikut beberapa mobil dengan efisiensi bahan bakar terbaik.

Oh ya, kami juga tidak memasukkan mobil listrik (termasuk hybrid dan plug-in hybrid) dalam daftar ini mengingat mobil-mobil tersebut bekerja dengan sistem penggerak berbeda dengan efisiensi yang jauh di atas mesin konvensional.


Rute luar kota:

1. Kia Sedona 20-21 km/l
Bermodalkan mesin Diesel 2.200 cc Turbo, Kia Grand Sedona menjadi mobil non-listrik dengan konsumsi bahan bakar paling irit yang kami ujikan sepanjang tahun 2019. Mesin dengan tenaga mencapai 200 ps ini memang istimewa lantaran membuat mobil buatan Negeri Gingseng ini mencatatkan angka konsumsi bahan bakar mencapai 21 km/l berdasar pengujian yang kami lakukan.

 

2. Mazda 3 Hatchback 19,8 km/l
Di posisi kedua ada Mazda 3 Hatchback yang --seperti sudah dijelaskan sebelumnya-- mencatatkan angka efisiensi 19,8 km/l sama dengan Mercedes-Benz B-Class yang ada di kategori yang serupa. Namun yang menariknya Mazda 3 sebenarnya mengusung mesin yang lebih besar dengan kubikasi 2.000 cc. Namun terbukti mesin dengan kapasitas yang lebih besar ini bisa sama efisiennya degan mesin berteknologi turbo dari pesaingnya.

 

3. Mercedes-Benz B-class 19,8 km/l
Posisi kedua dan ketiga sebenarnya punya angka efisiensi bahan bakar yang setara. Perbedaan hanya ada pada ukuran mesin yang dipakai. Mercedes-Benz B-Class yang mengusung mesin ringkas, 1.400 turbo yang sama degan A200. Hanya saja di model hatchback yang satu ini konsumesi bahan bakarnya lebih baik dengan angak 19,8 km/l.

 

4. Mercedes-Benz A-Class 19,2 km/l
Sedan paling terjangkau dari Mercy ini menjadi produk pertama yang masuk dalam daftar ini, dengan catatan konsumsi bahan bakar 19,2 km/l. Angka ini dicatatkan 'The Newest Baby Benz' dengan memanfaatkan mesin 1.400 cc turbo yang mampu menghasilkan tenaga sampai 163 dk.

 

5. Kia Picanto 19 km/l
Pesaing terbaru di segmen city car ini menawarkan efisiensi bahan bakar yang bisa bersaing dengan kompetitor lainnya yang punya catatan serupa. Angka 19 km/l dicatatkan Kia Picanto dengan memanfaatkan mesin 1.250 cc-nya.

 

Mobil dengan konsumsi bahan bakar paling efisien (rute luar kota):

1. Kia Sedona 20-21 km/l

2. Mazda 3 Hatchback 19,8 km/l

3. Mercedes-Benz B-class 19,8 km/l

4. Mercedes-Benz A-Class 19,2 km/l

5. 5. Kia Picanto 19 km/l

Ilustrasi: Sonny Darmawan

 

Rute dalam kota:

Untuk rute dalam kota yang banyak menemukan kondisi stop and go, ternyata menunjukkan beberapa nama baru dalam daftar mobil paling irit. Memang ada Mercedes-Benz A-Class, Mazda 3 Hatchback dan Kia Picanto yang kembali lagi masuk daftar ini dengan catatan konsumsi bahan bakar 12,8 km/l, 12,3 km/l, dan Kia Picanto namun sisanya menunjukkan daftar mobil yang berbeda.

Mobil fenomenal yang menarik perhatian sejak GIIAS 2018, Suzuki Jimny menujukkan bukan hanya unggul dari segi sejarah. Soal konsumsi bahan bakar pun dia cukup unggul. Dengan catatan 12,1 km/l untuk rute dalam kota, Jimny mencatatkan angka konsumsi bahan bakar yang setara dengan Kia Picanto. Bahkan sebenarnya untuk rute luar kota, kami sempat ujikan mobil ini dengan laju 60 km/jam dan catatan konsumsi bahan bakarnya sama juga dengan Picanto 19 km/l.


 

Suzuki menunjukkan keunggulannya dalam membuat mesin dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang baik. Mesin K15B yang mereka pasangkan untuk Suzuki Ertiga Sport --dan juga digunakan Suzuki Jimny-- menunjukkan performa memuaskan dengan catatan konsumsi bahan bakar 12,3 km/l. Angka ini bisa dikatakan memuaskan apalagi untuk ukuran mobil keluarga, LMPV yang banyak digemari masyarakat Indonesia.


 

Peringkat pertama soal efisiensi bahan bakar mobil dalam kota dipegang oleh Toyota Avanza. Mobil dengan kapasitas 7-penumpang ini selain fungsional untuk segala medan juga punya catatan konsumsi bahan bakar terbaik untuk penggunaan stop and go.

Berdasar pengujian yang kami lakukan, catatan 13,2 km/l dari Toyota Avanza Veloz teranyar hanya kalah dari mobil-mobil dengan teknologi hybrid maupun plug-in hybrid yang mengkombinasikan mesin konvesional dengan motor listrik. Tidak heran kalau gelar 'mobil sejuta' umat melekat pada Toyota Avanza.


 

Mobil dengan konsumsi bahan bakar paling efisien (rute dalam kota):

1. Toyota Avanza Veloz 13,2 km/l
2. Mercedes-Benz A-Class 12,8 km/l
3. Mazda 3 Hatchback 12,3 km/l
4. Suzuki Ertiga Sport 12,3 km/l
5. Kia Picanto 12,1 km/l
6. Suzuki Jimny 12,1 km/l

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com