Mazda 6 Akan Bermesin 6 Silinder Inline Dan Berpenggerak Belakang

Mazda 6 Akan Bermesin 6 Silinder Inline Dan Berpenggerak Belakang

Mesin 6 silinder segaris pernah menjadi mesin yang cukup sohor di masa silam. Dalam hal cetak performa, sederet mesin legendaris seperti 2JZ-TE dari Toyota atau RB26DET dari Nissan, masih cukup mampu membuat bulu kuduk berdiri.

Namun perlu diingat bahwa dimensinya yang memanjang menyita ruang mesin secara signifikan, sehingga butuh engine bay yang cukup panjang. Bahkan jika dibandingkan dengan mesin V8, dimensi inline 6 masih cukup panjang. Karena hal inilah kemudian konfigurasi mesin ini mulai dijauhi, selain itu mesin inline 6 tidak cukup luwes untuk diadopsi sebagai mesin transversal alias melintang.

Sebuah kejutan hadir dari Mazda yang mengumumkan akan membangkitkan kembali mesin 6 silinder segaris. Diprediksikan akan debut pada 2022 mendatang.

Kabar mengenai pengembangan mesin ini sebenarnya sudah terdengar sejak Mei 2019 silam. Bahkan kemungkinan akan diwujudkan sebagai mesin bensin, diesel ataupun Skyactiv-X. Artinya Mazda punya banyak skenario untuk mesin ini.

Seperti dilansir carscoops, dari presentasi terbaru diketahui bahwa mesin ini akan dipasang secara longitudinal dan digabungkan dengan sistem penggerak semua roda atau penggerak belakang. Menariknya, diketahui bahwa Mazda juga dapat menawarkan inline-six in plug-in hybrid dan 48-volt mild-hybrid.

Tentang model apa yang akan menggunakan mesin ini untuk pertama kali, Mazda belum memberikan penjelasannya. Gosip yang bertebaran mengatakan bahwa Mazda6-lah yang akan menjadi pengguna pertamanya. Mobil ini pun dikabarkan akan merubah DNAnya menjadi sedan penggerak roda belakang.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com