Keren! Mercedes-Benz Pakai Komponen Buatan Indonesia di Mobil 'Avatar'-nya

Keren! Mercedes-Benz Pakai Komponen Buatan Indonesia di Mobil 'Avatar'-nya

Mercedes-Benz memamerkan konsep mobil masa depannya pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat. Mobil konsep tersebut dibuat terinspirasi dari film Avatar pada 2009.

Seperti yang dilansir Rushlane, produsen mobil asal Jerman itu menyebut mobil dengan nama Vision AVTR yang merupakan singkatan dari Advanced Vehicle Transformation. Mobil tersebut diperkenalkan langsung oleh penggarap film Avatar, James Cameron pada CES 2020. 

Vision AVTR sendiri merupakan mobil konsep otonom alias mobil tanpa sopir. Dalam mobil tersebut penumpang berinteraksi dengannya melalui pusat kontrol berbentuk oval. Begitu tangan diletakan di pusat kontrol, itu bergetar seiring dengan pernapasan dan detak jantung seseorang.

Mobil juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti 33 flap bionik yang dapat bergerak ke banyak arah. Desainnya terlihat seperti sisik pada reptil. Pihak Mercedes-Benz menyebut bahwa Flaps tersebut akan digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar mobil.

Yang menarik, pada bagian interior, lantai mobil dibuat dari jenis kayu baru bernama Karuun yang dibuat di Indonesia. Lalu bagian kabinnya dibuat dari plastik daur ulang dan kulit imitasi "Dinamca" vegan. Selain itu mobil juga dilengkapi proyeksi yang ditampilkan pada layar besar di bagian depan mobil yang memiliki desain segitiga. Desain tempat duduk dibuat dengan mengadopsi gaya tempat tidur gantung, tempat makhluk difilm Avatar tidur. 

Untuk bagian kaki-kakinya, Vision AVTR membuat ban mobil dengan inspirasi "seed of the Tree of Souls" dari Avatar yang dapat berputar sedemikian rupa sehingga dapat memindahkan mobil ke samping dan secara diagonal.

Pada bagian penggerak mobil konsep ini ditenagai oleh sel baterai organik berbasis graphene yang tidak memerlukan mineral bumi. Dengan baterai 110 kWh mobil diklaim dapat menghasilkan tenaga 470hp, dengan jarak tempuh hingga 700 km, serta bisa berjalan seperti kepiting dengan tingkat kemiringan 30 derajat.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com