GR Yaris 2020 Adalah Mobil Reli yang Bisa Anda Beli

GR Yaris 2020 Adalah Mobil Reli yang Bisa Anda Beli

Toyota tidak mengingkari janjinya terkait peluncuran Yaris versi relinya yakni GR Yaris. Produsen mobil raksasa asal Jepang itu resmi meluncurkan GR Yaris versi produksi massal di Tokyo Auto Salon 2020. Artinya mobil dapat dibeli oleh publik. Toyota menyebut GR Yaris ini adalah sebuah model yang lahir dari homologasi FIA World Rally Championship (WRC). Bahkan Yaris tersebut sudah terbukti juara di sejumlah seri kejuaraan reli tertinggi di dunia itu.

Seperti yang dilansir dari Paultan, Jumat (10/1), Toyota membuat GR Yaris dengan tiga pintu. Bagian bodi dibalut warna putih sedangkan bagain atas atau atap mobil berlabur hitam dari plastik yang diperkuat dengan serat karbon. Bagian belakang atapnya dibuat agak miring ke atas, yang disengaja dibuat untuk menambahkan 'unsur' mobil reli.

 

Platform dan jarak sumbu roda dari GR Yaris mirip dengan Yaris versi standar. Namun selain itu GR Yaris berbeda dengan Yaris standar. Seperti pintunya yang hanya ada 3, atap yang lebih rendah, dan lengkungan belakang mobil yang lebih aerodinamis.

Pada bagian dapur pacunya, Toyota membekali GR Yaris dengan mesin  G16E-GTS 1.600 cc tiga silinder turbocharger, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 268,1 dk dan torsi 370 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Tenaga dialirkan melalui sistem penggerak all-wheel-drive (AWD) GR-Four. Selain itu, mobil juga mempunyai tiga mode berkendara, Normal (split 60:40), Sport (30:70), dan Track (50:50).

 

Pada bagian kaki-kaki, GR Yaris disokong oleh Suspensi MacPherson Sturt pada bagian depan dan menggunakan suspensi double wishbone pada bagian belakang. Pelek yang digunakan adalah jenis multi-spoke  18 inci merek BBS yang dibungkus dengan Michelin Pilot Sport 4S.

dengan meluncurnya GR Yaris dari generasi terbaru itu, maka menjadikan mobil sebagai model kedua Toyota dengan merek 'GR', setelah sebelumnya Toyoto meluncurkan GR Supra.

Terkait harga, Toyota membanderol mobil 3,96 juta Yen atau setara dengan Rp 500 jutaan untuk varian RZ, dan 4,56 juta Yen atau setara dengan Rp 572,5 jutaan untuk varian RZ High Performance. Namun tentunya mobil ini baru dijual di pasar domestik Jepang. Setelah itu mungkin ia akan masuk pasar Eropa. 

Bagaimana peluangnya masuk Indonesia? Sepertinya kecil kemungkinan APM Toyota menjualnya di tanah air. Jika ada yang benar-benar menginginkannya dan mungkin pihak importir umum bisa mendatangkannya, dengan harga yang melambung tentunya.

 

 

 
 
 
 
 
 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com