Tiguan Allspace: Definisi Mobil Rakyat dari VW untuk Indonesia

Tiguan Allspace: Definisi Mobil Rakyat dari VW untuk Indonesia

Volkswagen alias VW adalah merek yang di negara asalnya, Jerman terkenal sebagai 'mobilnya rakyat'. Hal ini merujuk arti dari dua kata penyusun dari merek ini. Dalam bahasa Jerman, Volks berarti orang-orang (people), sementara Wagen --dari kata der wagen-- yang artinya mobil.

Lewat semangat inilah akhirnya VW Tiguan Allspace masuk ke pasar Indonesia. "Orang Indonesia itu pokoknya (kalau cari mobil) harus 7-seater," ujar Jonas Chendana selaku Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, pemegang merk yang memayungi merk Audi dan VW di Indonesia. Ungkapan yang dibumbui hiperbola ini dimaksudkan Jonas untuk menunjukkan, betapa budaya kumpul beramai-ramai masyarkat Indonesia ternyata juga memengaruhi mereka dalam membeli mobil.

"Beberkal dari itu, secara kebetulan juga, Tiguan Allspace kita punya yang ditawarkan 7-seater3-row dan kita melihat bahwa cocok banget nih untuk pasar Indonesia," tambah pria berkepala plontos ini.

 

Lebih lanjut, menurut Jonas, Tiguan Allspace sendiri menawarkan produk mobil Jerman --yang identik dengan kekayaan teknologinya-- dengan harga yang bisa bersaing dengan kompetitor dan secara desain cocok dengan kebutuhan orang Indonesia. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa versi tujuh penumpang dari VW Tiguan ini sudah diproduksi di fasilitas produksi mereka yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.

Secara spesfikasi, VW Tiguan Allspace ini punya dimensi (P x L x T) 4.701 mm x 1.839 mm x 1.674 mm, tentunya mengalami pemekaran dibanding model 5-seater-nya. Menariknya bobot VW Tiguan Allspace lebih ringan sekitar 50 kg.

Selain itu mobil ini juga punya sumbu roda yang bertambah 77 mm dibanding pendahulunya dan punya ruang dalam kabin yang lebih luas. Hal ini dibuktikan lewat ukuran bagasinya yang punya ukuran 240 liter saat kabinya membentuk formasi 7-seater dan bahkan mencapai 1.775 liter --terbesar di kelasnya-- jika bangku baris kedua dan ketiganya dilipat.

Sementara itu secara teknologi, VW Tiguan Allspace sudah dilengkapi Keyless Entry Start and Autorization System, Cruise Control, 3-Zone Climaronic AC, Park Assist System, kamera 360 derajat, Electronic Stability Control (ESC), dan Tire Pressure Monitoring. Masih ada pula fitur keamanan berupa Automatic Post Collision Brake System, Autohold Brake Parking, dan enam buah Airbags.

Di jantung penggeraknya, VW Tiguan Allspace menggunakan mesin 1.400 cc 4-silinder Turbo bertenaga 150 dk dan torsi 250 Nm. Transmisinya menggunakan dual clutch DSG 6-percepatan.

Dibanderol dengan harga Rp 598 juta dengan status on the road. Rasanya mobil ini siap bersaing dan bisa menjadi alternatif yang menarik melawan SUV 7-seater dari Jepang mulai dari Honda CR-V, Mazda CX-5, sampai Nissan X-Trail yang baru saja mendapatkan facelift.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com