Sudah Cukupkah Daya Rumah Anda Untuk Mobil Listrik?

Sudah Cukupkah Daya Rumah Anda Untuk Mobil Listrik?

Selain ramah lingkungan, memiliki mobil full listrik juga ada keuntungan lainnya, Yakni Anda tidak lagi perlu mengeluarkan uang untuk bahan bakar minyak alias BBM.

Mobil yang menggunakan tenaga listrik tentunya hanya butuh mengisi daya dengan di-charge. Lantas, jika Anda berminat untuk meminang mobil listrik, berapakah daya yang dibutuhkan untuk rumah Anda?

 

Nissan yang kemungkinan besar bakal menghadirkan mobil listriknya, Leaf pada tahun 2020 mendatang menyebutkan bahwa rumah Anda minimal harus memiliki daya 4.000 watt untuk melakukan pengisian daya mobil listrik.

"Untuk normal charge di rumah butuh daya minimal 4.000 watt. Itu untuk normal charging. Isi baterainya antara 11 sampai 12 jam," papar Jauhari Adzannis, Senior Manager Research and Development PT Nissan Motor Indonesia (NMI) saat diwawancarai di Karawang Jawa Barat (9/11).

Masih menurutnya, Jika Anda berminat untuk membeli Nissan Leaf dan ingin pengisian daya yang lebih cepat, pihak Nissan menyebutkan butuh perangkat tambahan semacam fast charging.

"Itu dengan menggunakan charging yang 30 ampere. Tapi butuh equipment tambahan yang dipasang di rumah. Bisa kita lakukan pengecasan dari indikator baterai habis sampai 80% cuma butuh 45 menit sampai 1 jam," tambah Jauhari.

Jadi, sebelum Anda memboyong mobil listrik, pastikan daya rumah Anda sudah mumpuni, ya!

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com