Jokowi Ambisi Ekspor 1 Juta Unit Mobil Rakitan Indonesia, Ini Tanggapan Toyota

Jokowi Ambisi Ekspor 1 Juta Unit Mobil Rakitan Indonesia, Ini Tanggapan Toyota

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan agar Indonesia bisa mengekspor 1 juta unit mobil pada 2024. Saat ini sendiri Indonesia baru bisa mengekspor sekitar 300 ribu unit mobil. Lantas, bagaimana tanggapan produsen mobil di Indonesia terkait target tersebut?

Dikatakan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi, mengatakan, sebagai salah satu produsen yang rajin mengekspor produk buatan lokalnya ke pasar luar negeri, mereka pasti akan berusaha untuk mencapai target tersebut. Apa lagi hal tersebut merupakan titah dari orang nomor 1 RI.

"Tapi kembali lagi, jumlah ekspor itu kan yang menentukan bukan dari kami sebagai pengekspor, tapi dari market global," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (12/12).

 

Karena menurut Anton, di luar target yang diminta oleh Presiden Jokowi, kondisi pasar saat ini sedang mengalami perlambatan, bukan hanya di Indonesia namun juga pasar global.

"Market tahun ini memang sangat slow, nggak cuma di Indonesia, tapi di negara lain marketnya sedang tidak menggembirakan. India, Pakistan turunnya banyak, Thailand nggak jauh beda dengan Indonesia, Filipina slowing down," tuturnya.

Namun meski demikian, lanjut Anton mengatakan, pihaknya berharap keadaan pasar global membaik, terutama negara-negara tujuan ekspor. Sehingga target yang diminta tersebut bisa tercapai.

"Tahun depan kami rasa ada kenaikan market 2-3 persen lah,"

Untuk mengejar target tersebut, Jokowi sudah mempersiakan berbagai fasilitas berupa infrastruktur pendukung. Misal, akses menuju ke pelabuhan sampai kawasan industri. Selain itu, Jokowi juga menargetkan pasar-pasar baru untuk di garap, dan mengoptimalkan pasar yang sudah ada. 
 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com