Heboh Recall Xpander Buatan Indonesia

Heboh Recall Xpander Buatan Indonesia

Sebanyak 14.051 unit Mitsubishi Xpander di Vietnam terdampak masalah pada pompa bensinnya. Mitsubishi Motors Vietnam pun mengumumkan kampanye recall untuk MPV buatan pabrik Cikarang ini, yang dimulai Selasa (1/10), mengutip dari VnExpress.

Dijelaskan oleh pihak Mitsubishi, masalah ditemukan pada komponen impeller plastik yang ada di dalam pompa bensin yang mengembang. Dampaknya pompa berhenti berputar dan kemudian suplai bensin terhenti yang otomatis membuat mesin sulit dinyalakan atau bahkan gagal dihidupkan.

Lebih lanjut diterangkan unit yang terdampak adalah Mitsubishi Xpander untuk ekspor produksi antara 14 Agustus 2018 sampai 26 Agustus 2019. Menurut informasi dari sumber yang sama, unit Xpander yang diekspor dari Indonesia ke Thailand dan Filipina juga terdampak recall meski belum ada informasi mengenai jumlah unitnya.

Mitsubishi Xpander buatan Indonesia yang dieksport

 

Lewat kampanye recall ini, pihak Mitsubishi Motors Vietnam akan mengganti pompa bensin mobil terdampak secara gratis mulai 1 Oktober 2019 sampai 30 September 2021. Proses penggantian komponen diperkirakan akan memakan waktu sekitar 72 menit.

Dijelaskan juga untuk unit Mitsubishi Xpander yang diproduksi setelah tanggal 26 Agustus 2019 telah dirakit dengan pompa bensin baru.

Berdasar data dari Asosiasi Produsen Otomotif Vietnam, Mitsubishi menguasai 8,5 persen market share di sana. Dari Januari sampai Agustus 2019 pabrikan lima berlian mencatatkan angka penjualan sebanyak 16.386 unit yang 9.904 di antaranya adalah Mitsubishi Xpander.

Unit Xpander di Indonesia aman dari recall

Sementara untuk unit di Indonesia, meski punya spesifikasi yang sama dipastikan aman dari kampanye recall. Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura memastikan masalah serupa tidak ditemui.

“Kami tahu distributor vietnam mengumumkan recall. Tapi di Indonesia, kami tidak punya masalah soal itu. Pada saat ini, kami belum punya rencana recall di pasar Indonesia,” ujar Nakamura-san dikutip dari Antara.
 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com