8 Fakta Seputar Bugatti Chiron Sport Indonesia

8 Fakta Seputar Bugatti Chiron Sport Indonesia

Beberapa waktu lalu, kru OtoDriver berkesempatan untuk merasakan hypercar Bugatti Chiron Sport di sebuah proving ground di daerah Karawang, Jawa Barat. Chiron Sport sendiri tercatat sebagai mobil paling bertenaga di dunia saat ini.

Tentu saja, Bugatti Chiron ini menyimpan fakta-fakta menarik dari sisi spesifikasi, detail, sejarah dan lain-lainnya. Maka, berikut kami sampaikan fakta-fakta tentang hypercar asal Prancis ini dari berbagai sumber.

1. Lebih bertenaga daripada mobil Formula 1

 

Bugatti Chiron ditenagai oleh mesin yang sangat buas. Yakni 8.000 cc W16 dengan 4 buah turbo yang sanggup mengalirkan tenaga sebesar 1.500 ps dan torsi 1.600 Nm. Artinya, mobil ini lebih bertenaga sekitar 500 hingga 600 PS dibandingkan spesifikasi mobil Formula 1.

 

2. Nama Chiron diambil dari salah satu pembalap

 

Tentu saja bukan tanpa alasan, Bugatti memilih nama Chiron pada mobil ini. Chiron sendiri adalah seorang pembalap legendaris asal Monako yang memenangi kejuaraan pada tahun 1930-an menggunakan mobil Bugatti. Dan nama tersebut diabadikan pada hypercar bertenaga 1.500 ps ini.

 

3. Harga Kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 150 miliar

 

Di Eropa, Bugatti Chiron memiliki harga jual mencapai $3 juta atau mencapai Rp 50 milyar. Pihak Bugatti sendiri masih merahasikan harga mobil ini untuk pasaran Indonesia. Namun perkiraan kami, Chiron ini memiliki harga jual yang fantastis, yakni Rp 120 miliar hingga Rp 150 miliar.

 

4. Waktu inden sangat lama

 

Selain harga yang jauh dari kata terjangkau, mobil berkapasitas mesin 8.000 cc ini juga memiliki waktu inden yang sangat lama. Jika Anda memesan mobil tersebut, maka kemungkinan unit akan datang dua tahun kemudian setelah waktu pemesanan. Hal tersebut diakibatkan panjangnya daftar antrian pemesanan dari Bugatti Chiron tersebut.

 

5. Di Indonesia, Chiron tidak road legal

 

Chiron hadir dalam satu varian saja, yakni Left Handed Drive. Otomatis, mobil ini hanya untuk mobil koleksi saja dan hanya bisa digunakan di sirkuit atau area tertutup, tidak bisa digunakan di jalanan umum. Karena, Chiron ini tidak akan memiliki surat-surat legal karena spesifikasinya tidak memenuhi peraturan lalulintas di Indonesia.

 

6. 39 Detik Untuk 400 km/jam

 

Tak Sia-sia Bugatti membuat mesin dengan performa yang buas pada mobil ini. Bahkan untuk mencapai kecepatan 400 km/jam, waktu yang dibutuhkan tidak sampai 40 detik. Dan, mobil ini memiliki top speed mencapai 420 km/jam.

 

7. Top Speed dibatasi

 

Bugatti Chiron Sport ini memiliki kecepatan maksimum 420 km/jam. Namun bukan tidak sanggup melampaui, tetapi kecepatan ini dibatasi oleh pabrikan. Hal tersebut dikarenakan performa ban yang digunakan oleh Chiron Sport ini dinilai belum mampu untuk melahap kecepatan lebih dari 420 km/jam.

 

8. Arti Nomor di Bagian Grill

 

Mobil ini memiliki grill yang berdesain khas dari pendahulunya, Veyron. Pada Chiron Sport ini ada sebuah angka ‘16’ di bagian grill. Rupanya, arti angka tersebut melambangkan jumlah silinder dari Chiron ini, yakni 16 silinder.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com