Tahun 2025 Norwegia Melarang Kehadiran Mobil Bensin dan Diesel

Penulis: Danu P Dirgantoro
Rabu, 8 Juni 2016 16:00 WIB
Berita - Tahun 2025 Norwegia Melarang Kehadiran Mobil Bensin dan Diesel
Bagikan ke:
Norwegia siap melarang kehadiran mobil berbahan bakar minyak mulai tahun 2025 mendatang. Hal ini bukan isapan jempol belaka, dan semakin kuat karena pemerintah Norwegia tengah gencar membahasnya.

Norwegia siap melarang kehadiran mobil berbahan bakar minyak (BBM) mulai tahun 2025 mendatang. Hal ini bukan isapan jempol belaka, dan semakin kuat karena pemerintah Norwegia tengah gencar membahasnya.

Seperti yang menjadi headline sebuah harian cetak lokal Norwegia bernama Dagens Næringsliv (3/6), menyebut bahwa pemerintah negara itu akan menghentikan peredaran mobil berbahan bakar solar maupun bensin di tahun 2025. Hal ini sedang hangat dirundingkan oleh parlemen Norwegia. 

 

Foto - Tahun 2025 Norwegia Melarang Kehadiran Mobil Bensin dan Diesel

 

Setidaknya kini ada empat partai besar di parlemennya menyetujui proposal untuk mendukung gerakan raah lingkungan ini. "Kami menginginkan pusat bebas kendaraan juga," ujar Lan Marie Nguyen Berg, salah seorang anggota partai di parlemen Norwegia.

Selain rencana pelarangan mobil berbahan bakar fosil, pemerintah Norwegia juga tengah menggodok usulan ambisius untuk membuat ibu kotanya, Oslo lebih layak huni. Usulan itu berupa pelarangan semua kendaraan pribadi melintas di pusat kota Oslo pada 2019.

Pihak departemen terkait akan membangun setidaknya 60 kilometer jalur sepeda di 2019. Disamping itu, negara ini tercatat punya market share yang tinggi pada kendaraan listrik yang mencapai 24 persen. Dan 99 persen dari kendaraan listrik itu adalah menggunakan sistem hydropower.

#mobil-listrik #diesel #bensin #hydropower

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.