Mobil Air Crew Garuda Indonesia Kini Ramah Lingkungan

Mobil Air Crew Garuda Indonesia Kini Ramah Lingkungan

Berjaya di udara bukan berarti tak memikirkan polusi di darat. Pertamina dan Garuda Indonesia meresmikan penggunaan bahan bakar Pertamina Vi-Gas untuk mobil operasional awak udara (air crew). Bertempat di Jakarta (18/1) dan disaksikan oleh Menteri BUMN, Direktur Utama Pertamina dan Garuda Indonesia, diharapkan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan ini bisa menjadi bentuk dukungan program konversi BBM ke bahan bakar gas yang pernah diamanatkan pemerintah.

Dwi Soetjipto yang merupakan Dirut Pertamina juga berharap ke depannya mobil-mobil operasional BUMN lainnya bisa mulai merintis penggunaan bahan bakar gas (BBG) seperti dilakukan Garuda. Apalagi pihaknya  kini sudah menyediakan Vi-Gas di 34 SPBU yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Solo, Yogya, Semarang, Surabaya, Bali, dan akan bertambah seiring dengan pertumbuhan permintaan Vi-Gas yang meningkat.

“Langkah ini merupakan komitmen Pertamina dalam mendorong penggunaan BBG untuk transportasi. Kami harapkan juga kerja sama antara Pertamina dan Garuda Indonesia ini bisa menjadi kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak dan bisa diteruskan oleh BUMN lainnya untuk ber­ge­rak bersama meng­gu­nakan energi yang ramah ling­kungan,” jelas Soetjipto.

Direktur Utama Garuda Indonesia bahkan mengakui adanya potensi penghematan dengan peng­gunaan bahan bakar gas bagi mobil operasionalnya. Untuk memenuhi kebutuhan operasional antar-jemput air crew Garuda Indonesia, saat ini Aerotrans telah menambah jumlah mobil operasional sebanyak 50 unit dengan menggunakan bahan bakar LGV. Penggunaan bahan bakar LGV ini akan dilakukan secara bertahap pada seluruh kendaraan operasional air crew Garuda Indonesia sebanyak 280 unit.‎

Saat ini, harga Vi-Gas dipatok Rp 5.100 per liter setara Premium sehingga memang lebih ekonomis dibanding BBM. Kelebihan lain Vi-Gas menurut klaim Pertamina adalah yakni ramah lingkungan, memiliki RON diatas 98, pembakaran sempurna, tekanan dalam tangki rendah (8-12) bar, bebas sulfur dan timbal, serta membuat suara mesin kendaraan halus.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com