ASEAN NCAP Resmikan Sistem Penilaian Baru Tes Tabrak Untuk 2017

ASEAN NCAP Resmikan Sistem Penilaian Baru Tes Tabrak Untuk 2017

ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) baru saja merilis sistem penilaian baru crash test untuk 2017. Sistem penilaian baru ini bakal terus digunakan hingga tiga tahun ke depan alias tahun 2020.

 

Sistem baru pada AOP dan COP

Seperti yang diberitakan oleh Paultan (25/5), ASEAN NCAP terbaru ini sebenarnya sudah pernah ditetapkan pada Oktober 2015 di Bandung, Jawa Barat, namun baru sebatas finalisasi dan dipublikasikan saja. Belum diimplementasikan. Sebenarnya sistem penilaian baru ini tidak jauh berbeda dengan yang ada sekarang tapi kini penilaian terbesarnya ada pada Adult Occupant Protection (AOP) dan Child Occupant Protection (COP), yang disatukan dengan kriteria satu bintang.

Sebelumnya, skor AOP digabungkan dan mengimbangi kinerja tes frontal mobil, yang skor maksimalnya 16 poin, tapi memiliki penilaian yang lebih komprehensif lagi. Kini penilaiannya perlindungan terhadap orang dewasa (AOP) akan berkontribusi 50 persen dari nilai keseluruhan, sedangakan perlindungan anak (COP) yang punya kompoisisi hingga 25 persen.

“Ini merupakan langkah untuk meyakinkan masyarakat, kalau mobil yang dikendarai mendapatkan penghagaan bintang yang tinggi, dan juga bisa menyediakan perlindungan terbaik kepda kepada anak-anak.” ungkap Khairil Anwar Abu Kassim selaku Sekertaris Jendral ASEAN NCAP.

Sistem penilaian baru pada fitur keselamatan

Selain AOP dan COP, ada berapa yang mengalami perbaikan penilaian seperti Safety Assist Technologies (SAT), Head Protection Technologies (HPT), Anti-Lock Braking System (ABS), pengingat sabuk pengaman kursi belakang, blind spot monitoring, peringatan akan objek tabrak di depan, serta Autonomous Emergency Braking (AEB).

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com