Honda Juara Jualan Mobil di Empat Kelas

Honda Juara Jualan Mobil di Empat Kelas

Honda mencatat hasil yang cukup baik dalam urusan menjual mobil di Indonesia. Mereka tercatat berhasil menjadi penjual mobil terbanyak di empat kelas yang berbeda. Catatan itu dibukukan sepanjang September 2015 kemarin. "Angka itu menunjukan pasar otomotif Indonesia masih tetap potensial," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, empat mobil andalan itu merek juara adalah Honda HR-V 1.5L, Honda Brio, Honda City, dan Honda CR-Z. Jika ditotal, empat mobil itu berkontribusi hampir setengah dari 14.355 unit total yang diraih Honda kurun waktu 30 hari terakhir.

Kejayaan Honda yang pertama diraih oleh HR-V 1.5L. SUV kompak 5-seater tu berhasil terjual sebanyak 2.959 unit untuk memimpin segmen Low-Super utility vehicle (LSUV). Jika ditotal sepanjang tahun ini, mobil tersebut sudah dibeli sebanyak 22.529 unit atau mencapai 41 persen pangsa pasar LSUV.

Kategori berikutnya yang dimenangi Honda adalah mobil sedan melalui Honda City. Sepanjang bulan lalu, 90 unit City dikirim ke konsumen untuk melengkapi catatan 1.739 unit jualan Honda di kelas Mini Sedan pada tahun ini. Pangsa pasar City pun mencapai 60 persen atau lebih dari setengah pasar sedan 1.500 cc. Di kelas ini ada Toyota Vios yang penjualannya di bawah City. Tapi harus diakui 90 unit adalah angka yang sangat kecil, hal ini menandakan kalau sedan semakin ditinggal konsumen karena skema pajaknya yang tinggi.

Honda CR-Z juga ikut memberikan kontribusi positif bagi perusahaan asa Jepang tersebut. Pada September 2015 lalu, sebanyak 31 unit CR-Z dibeli untuk melengkapi catatan 126 unit total yang sudah terjual selama tahun 2015 ini. Hal itu membuat CR-Z menguasai pangsa pasar mobil sport denga angka 53 persen.

Status market leader juga diraih lewat Honda Brio yang bertarung di kelas City Car. Dengan perolehan penjualan 793 unit, Honda tercatat berhasil memimpin market share dengan angka 29 persen. Jika ditotal selama tahun ini, sebanyak 8.257 unit Brio berhasil dijual kepada konsumen.

Jika ditotal selama 9 bulan di tahun ini, Honda telah menjual sebanyak 117.849 unit di seluruh Indonesia. Angka itu membuat Honda berhasil mengambil 15 persen dari total kue penjualan mobil di Indonesia. "Kami berharap Honda bisa terus mempertahankan tren positif ini hingga akhir tahun," ujar dia.

Menarik disimak adalah beberapa jagoan Honda tak bisa memimpin penjualan di kelasnya, padahal sebelumnya mereka meraja. Model tersebut adalah Jazz, CR-V dan Civic. Honda tak memberi informasi seputar prestasi ketiga model itu di rilis mereka. Artinya diasumsikan ada rival mereka yang mencatat penjualan lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com