Grand New Avanza Pakai Mesin Dual VVT-i, Berapa Kenaikan Tenaganya?

Grand New Avanza Pakai Mesin Dual VVT-i, Berapa Kenaikan Tenaganya?

Melanjutkan berita sebelumnya tentang Grand New Avanza, ternyata mobil baru ini telah menggunakan mesin baru berkode 1NR dan 2NR berteknologi Dual VVT-i, naik jenjang lebih tinggi dari versi sebelumnya yang hanya mengandalkan VVT-i saja. Dual VVT-i sebelumnya telah diaplikasikan pada sedan kelas atas Toyota yaitu Altis dan Camry.

VVT-i merupakan singkatan dari Variable Valve Timing with Intelligent, yaitu sistem pengaturan katup pada ruang bakar secara elektronik untuk mendapatkan konsumsi BBM yang lebih irit, namun tenaga yang dikeluarkan lebih besar. Nah berarti Dual VVT-i mempunyai teknologi yang hampir sama namun mempunyai kelebihan yang lebih tinggi, secara BBM diklaim lebih irit 15% dari tipe sebelumnya dan tenaga pasti juga terdongkrak.

Berikut adalah perbandingan spek tenaga antara mesin VVT-i di Avanza sekarang dan Dual VVT-i di Grand New Avanza yang kami dapat dari materi produk resmi.

 Avanza LamaGrand New Avanza
Mesin1.300cc (K3) 1.500cc (3SZ)1.300cc (1NR) 1.500cc (2NR)
TeknologiVVT-iDual VVT-i
Tenaga Max (PS/Rpm)92/6.000104/6.00096,5/6.000104/6.000
Torsi Max (Kgm/Rpm)11,9/4.40013,9/4.40012,3/4.20013.9/4.200

 

Terlihat kalau kenaikan tenaga memang ada di tipe 1.3, yakni sekitar 4 dk. Torsi lebih besar juga diperoleh di putaran lebih rendah yang akan memperbaiki fleksibilitasnya di jalan. Sementara di tipe 1.5, tenaga dan torsinya sama, namun torsi diperoleh di putaran lebih rendah pula.

Di lain sisi, bukan hanya mesin, interior pun tak luput dari tambahan fitur baru, semua tipe termasuk tipe E mendapatkan audio, hanya berbeda kelas. Tipe Veloz menggunakan audio touch screen, tipe 1.3 double-din AUX dan Bluetooth

Kenyamanan mendengarkan audio baru ini lebih dimanjakan lagi dengn teknologi peredaman yang baru, sehingga tingkat kesenyapan kabin menjadi lebih baik.

Adanya fitur keselamatan kelas dunia membuat Avanza baru ini akan semakin mantap dikendarai. Sebut saja side impact beam, baja penahan benturan samping, rem ABS untuk semua tipe, dan kursi ISOFIX. Serta adanya fitur keamanan standard mobil masa kini yaitu kunci immobilizer.

Selain itu banyak tambahan fitur baru yang tidak ada sebelumnya yaitu power window yang dilengkapi jam protection, yang mencegah tangan terjepit.

.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com