Sejumlah Keunggulan Lampu LED Daripada Halogen

Sejumlah Keunggulan Lampu LED Daripada Halogen

Lampu LED telah menjadi teknologi terbaru dalam hal penerangan mobil. Bahkan beberapa agen pemegang merek (APM) telah menggunakan headlamp LED sebagai keperluan standar dari produk mereka. Lantas apa saja keunggulan lampu LED jika dibandingkan halogen?

Dari sisi teknologi, dalam kebutuhan penerangan mobil sehari-hari, LED memiliki banyak keunggulan yang telah umum diketahui. Yang pertama, LED dikenal memiliki kehematan energi yang signifikan jika dibandingkan lampu halogen.

 

"Kalau lampu halogen itu kan bisa sampai 50 watt, nah kalau LED ini cuma 7 watt. Jadi jauh lebih efisien, daya pakai untuk listrik cuma 12 volt sampai 18 volt," ujar Director CV Sampurna Part Niaga sebagai distributor lampu LED Autovision, Lily Hernawan di Jakarta, Jumat kemarin (26/4).

Kedua, lampu LED memiliki daya tahan yang jauh lebih lama jika dibandingkan halogen. Jika dibandingkan dalam hitungan jam, lampu LED memiliki ketahanan 40 kali lipat lebih lama dibandingkan halogen.

 

"Lampu LED itu daya tahannya bisa 20 ribu jam, sedangkan halogen yang bawaan pabrik aja biasanya hanya 500 jam," ungkap Lily.

Yang ketiga, Lampu LED dianggap lebih aman untuk digunakan oleh pengendara. Keamanan pada lampu LED dirancang untuk dua pihak, baik pengendara maupun pengguna jalan lainnya. Hal tersebut harus mengacu standar Eropa yang sama-sama menggunakan setir kanan seperti di Indonesia.

"Dalam dasar-dasar itu ada yang kami dapat seperti jarak 20mm - 50mm dari bahu jalan. Ada juga jarak agar pengguna jalan dari lawan arah itu tidak silau," ujar Lily mencoba menjelaskan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com