Merawat AC Mobil Prinsipnya Sama Dengan AC Rumah

Merawat AC Mobil Prinsipnya Sama Dengan AC Rumah

Banyak orang yang tidak terbiasa merawat secara berkala sistem pendinginan kabin yang ada pada mobilnya. Padahal walaupun embusan masih dingin, sebaiknya tetap diperiksakan ke bengkel secara rutin.

Muhammad Subhan selaku Service Advissor Min Jaya AC Mobil di bilangan Haji Nawi, Jakarta, mengatakan perawatan AC mobil sebenarnya dilakukan secara simpel.

 

“Pertama mulai dari filter AC diperhatikan. Sebaiknya diganti kalau sudah kotor. Lalu bagian evaporator dan kondensor dibersihkan,” ujar Subhan ketika diwawancarai (2/3).

Subhan juga menjelaskan prinsip perawatan AC mobil sama dengan perawatan AC rumah.

“AC rumah kan dibersihkan secara berkala. Biasanya kalau servis AC rumah, komponen indoor dan outdoor dibersihkan pada waktu tertentu. Nah, di mobil juga berlaku demikian agar awet. Kalau di mobil bagian indoor itu evaporator dan filter AC, sedangkan kondensor itu bagian outdoor-nya,” tambah Subhan.

Evaporator adalah sebuah perangkat untuk mendistribusikan pendinginan ruangan dalam kabin mobil. Sedangkan kondensor merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi membuang udara panas dari Freon yang digunakan yang berasal dari kompresor AC.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com