Mengetahui Cara Membaca Spek Kaca Film

Mengetahui Cara Membaca Spek Kaca Film

Kaca film atau window film menjadi hal yang tak asing bagi pengguna mobil, peranti inilah yang membuat kabin lebih teduh dan sejuk.

Saat ini di pasaran, terdapat banyak pilihan kaca film yang dibedakan mulai dari kualitas hingga performanya. Di mana setiap merek kaca film akan memberikan gambaran teknis melalui spesifikasi yang dipaparkan pada brosur produknya.

“Produsen kaca film akan menyertakan rincian spesifikasi singkat mengenai produknya di antaranya dengan mencantumkan kode seperti VLT,UVR, IR, VLR dan TSER dalam bentuk prosentase,” terang Ludwig Hendrias Kuswandi dari Aneka Film yang menjadi prinsipal kaca film bermerek Vision di Indonesia.

“Dari rincian angka tersebut, maka kita akan dapat menyimpulkan sekilas tentang performa kaca film yang kita pilih,” sambungnya.

 

Berikut adalah sejumlah istilah dan singkatan dalam dunia perkaca-filman yang sebaiknya kita ketahui.

1.Visible Light Transmission(VLT)   

VLT dapat dijelaskan sebagai kemampuan kaca film terhadap cahaya. Dengan kata lain VLT gambaran fisik tentang tingkat kegelapan sebuah kaca film.   

Semakin besar angka VLT, semakin besar cahaya yang masuk. Demikian sebaliknya semakin kecil angka VLT, semakin sedikit cahaya yang tembus.  

Kaca depan (windscreen) biasanya menggunakan VLT dengan prosentase tinggi sehingga tetap nyaman dan aman saat dipergunakan berkendara dalam berbagai situasi baik siang maupun malam hari.

 

2.Infrared Rejected (IR) 

IR adalah kemampuan kaca dalam menangkal radiasi infra red atau infra merah. Radiasi Infra merah merupakan bagian yang penghasilkan panas dari cahaya matahari. Semakin tinggi angka IRnya, semakin besar kemampuannya menangkal radiasi infra merah.

 

3.Ultra Violet Rejection (UVR)   

UVR  adalah gambaran kemampuan kaca film dalam menangkal sinar ultra violet dari cahaya matahari. Ultra Violet merupakan bagian dari cahaya matahari yang memiliki kemampuan merusak seperti memudarkan cat dan juga disinyalir menyebabkan kanker kulit. Semakin besar angka UVR maka makin besar pula kemampuan menangkal sinar UV

 

4.Visible Light Reflectance (VLR)

VLR adalah kemampuan kaca dalam menciptakan pantulan. Sebagai contoh seringkali terlihat adalah pantulan dari  dashboard yang nampak di kaca. Dalam kondisi tertentu sedikit banyak akan mengganggu pandangan dan fokus pengendara. Semakin rendah angka VLR maka refleksi yang tercipta juga makin kecil.

 

5.Total Solar Energy Rejected (TSER)  

Total Solar Energy Rejected adalah gambaran kemampuan umum kaca film yang diambil dari  kombinasi paduan antara VLT, IR dan UVR. Semakin besar nilai prosentase TSER maka akan semakin sedikit pula panas yang masuk ke dalam mobil.

 

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com