Mau Membeli BMW E30 Lawas? Perhatikan Titik Keroposnya

Mau Membeli BMW E30 Lawas? Perhatikan Titik Keroposnya

BMW Seri-3 tahun produksi 1982 hingga 1991 sedang digandrungi oleh banyak kalangan saat ini. Sedan yang berkode sasis E30 ini dianggap memiliki tampilan yang seolah tidak habis termakan zaman dan juga masih menyenangkan untuk dikendarai.

Jika Anda menjadi salah satu orang yang berminat untuk membelinya, namun karena usia unit incaran yang sudah terbilang tua wajar menjadikan  Anda ragu untuk membelinya. Hal ini wajar, karena agak bingung untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas satu ini.

Tenang, OtoDriver bantu beri panduannya untuk Anda agar bisa mendapat E30 yang memiliki kondisi prima agar tidak menguras kantong apalagi jika berniat untuk digunakan sebagai mobil haria. Langsung saja kita simak.

Pertama-tama yang harus Anda perhatikan adalah masalah keropos, mengigat mobil ini sudah berusia puluhan tahun jadi ada beberapa titik yang harus Anda perhatikan. Paling mudah dimulai dari bagian belakang mobil, tepatnya di sisi bawah bumper kiri dan kanan, karena dua titik tersebut adalah salah satu posisi rawan terkena kotoran air dan pasir dari ban. Jika pemilik lamanya jarang memperhatikan, maka karat mudah bersarang di sana.

Diitambah lagi jika karet bagasi yang kondisinya tidak baik akan memperparah keadaan karat. Karena air akan bocor dan masuk ke dalam 'kantong' bagasi sisi kiri dan kanan sehingga air pun mengendap.

 

 

Kedua adalah keropos di ruang mesin yang mana ada beberapa bagian yang harus diperhatikan. Titik karatnya kerap muncul di bawah aki dan juga di sasis di bagaian bawah yang berdekatan dengan header untuk sisi kanan dan di bawah booster rem untuk sisi kiri. Keropos di bawah aki akan membuat bocor suara dan hawa panas yang masuk ke dalam kabin sehingga membuat kabin pun terasa kurang nyaman. Apalagi hawa panas terus dihirup oleh sistem AC sehingga terasa kurang dingin.

Kemudian yang juga sering terjadi adalah keropos di bawah pedal gas. Mungkin tidak akan bisa terlihat karena tertutup oleh karpet dasar di kabin. Tapi Anda bisa melihatnya secara langsung dari kolong dan ini akan menyebabkan karpet terasa basah saat melewati jalan basah ataupun di musim hujan.

Untuk keropos bagian sasis akan memperparah kondisi mobil karena akan membuat mobil terlihat seperti tidak normal. Mulai dari sudut kemiringan roda depan alias camber yang berlebih dan juga garis pada spakbor dan pintu depan yang terlihat tidak rata.

So, selamat berburu!

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com