Komparasi Spek All New Mazda 3 VS Volkswagen Golf MkVII

Komparasi Spek All New Mazda 3 VS Volkswagen Golf MkVII

Persaingan di kelas hatchback papan menengah semakin seru berkat kehadiran All New Mazda 3 dalam waktu dekat. Meski sudah diperlihatkan ke awak media, namun pemasarannya baru akan terjadi saat GIIAS 2019 mendatang.

Dari beberapa penjelasan produk mengenai All New Mazda 3, pihak Mazda mengatakan bahwa untuk varian hatchback akan dipersiapkan bersaing dengan Volkswagen Golf yang masih cukup favorit di kelas hatchback premium.

Dari segala fitur, pengendalian dan performa mesin yang dihadirkan, keduanya memang layak untuk 'diadu'. Berikut perbedaan spesfikasi keduanya.

 

Dimensi

Golf MkVII yang mengusung platform MQB hadir dengan panjang 4.199 mm, lebar 1.786 mm, tinggi 1.512 mm dengan wheelbase 2.575 mm. Sedangkan All New Mazda 3 hadir dengan panjang 4.460 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.435 mm dan wheelbase 2.725 mm.

Dengan catatan dimensi di atas, All New Mazda 3 memiliki dimensi yang lebih besar untuk melawan Golf MkVII. Dari sisi kelincahan tentu secara teori Mazda 3 generasi terbaru kurang luwes saat bermanuver di dalam kota.

Mesin

Jika berbicara head to head di rentang harga tak sampai Rp 500 jutaan, maka Golf MkVII versi CKD adalah yang paling memungkinkan untuk melawan All New Mazda 3. Untuk tipe tersebut, Volkswagen mempercayakan mesin 1.400 cc turbo yang mampu memproduksi tenaga 160 ps pada putaran mesin 5.800 rpm, dengan torsi sebesar 240 Nm/1.500-4.500 rpm.

Dalam hal ini Mazda lebih mempercayakan kapasitas mesin yang lebih besar, lewat SkyActive-G yang menghasikan tenaga 153 ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 200 Nm/4.000 rpm.

Meskipun berkapasitas lebih besar, namun nyatanya pencapaian tenaga dan torsi All New Mazda 3 masih di bawah performa Golf MkVII.

 

Fitur

Sulit membandingkan keduanya dalam hal fitur, karena memang kedua hatchback ini hadir dengan fitur keselamatan terdepan sebagai standar, seperti Airbags, ABS, EBD, BA, TC, Stability Control dan Isofix pada baris kedua.

Yang membuat All New Mazda 3 terlihat lebih unggul terdapat pada tampilan instrumen cluster yang lebih lengkap, dan didukung head up display yang mempermudah pengemudi untuk melihat kecepatan mobil saat melaju.

Harga

Volkswagen memasarkan Golf MkVII CKD di angka Rp 475 juta, sedangkan untuk versi CBU seharga Rp 524. Meskipun hingga saat ini pihak Mazda belum merilis harga resmi All New Mazda 3, namun Roy Arman Arfandy selaku Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan ke awak media saat media test drive, bahwa harganya tidak sampai Rp 500 jutaan.

Baca juga: Teaser Resmi Nissan Juke Generasi Baru Dirilis!

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com