Ini yang Terjadi Jika Filter Oli Telat Diganti

Ini yang Terjadi Jika Filter Oli Telat Diganti

Umumnya penggantian filter oli dilakukan setiap dua kali penggantian oli mesin atau setiap 20 ribu km. Penggantian filter oli dikarenakan terdapat penurunan kemampuan penyaringan kotoran pada oli yang bersirkulasi pada mesin juga disebabkan faktor umur pakainya.

“Salah satu efek dari kinerja mesin adalah kemunculan gram logam yang merupakan hasil gesekan komponen yang ada pada mesin. Gram hasil gesekan mesin ini akan tertampung pada filter oli dan tidak sampai beredar di dalam mesin,” terang Mulyadi Aten dari bengkel Roda Kencana I di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

“Selain itu filter oli juga berperan sebagai penyaring senyawa karbon hasil pembakaran yang masuk dan bercampur pada oli. Senyawa inilah yang justru  menjadi pemicu kerusakan terbesar pada mesin,” sambungnya.

Karena hal itu, Mulyadi mengatakan bahwa jangan sembarangan dalam memilih filter oli. Pilih barang yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.

Senada dengan hal itu, Rudy Soerjanto dari ADR Group selaku produsen filter Sakura mengatakan bahwa “Kertas filter menjadi kunci utama dari performa dan kualitas sebuah filter oli. Kertas inilah yang menyaring kotoran dalam oli, kemudian disirkulasikan kembali ke dalam mesin. Jika kertas yang ada dalam unit ini kotor, maka kemampuan menyaringnya pun menjadi turun. Malah bisa saja kertas tidak dapat ditembus oli, sehingga mampet,” papar Rudy.

 

Walau pun filter oli mampet, namun tetap saja ada sirkulasi pada mesin. “Oli tak lagi lewat jalur yang ada penyaringnya, namun akan dialirkan melalui valve khusus. Dengan demikian tidak ada penyaringan sama sekali dari filter dan oli kotor pun bebas lepas bersirkulasi dalam mesin,” lanjutnya.

Lalu bagaimana dengan mesin yang biasa menghadapi kemacetan?

Otomatis akan ada pemangkasan jarak tempuh. “Dengan mempertimbangkan berbagai hal, maka usia pakai filter oli harus didiskon 30% dari usia pakai normalnya,” tutupnya. 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com