Fasilitas Crash Test Akan Dibangun di Bekasi Tahun Depan

Fasilitas Crash Test Akan Dibangun di Bekasi Tahun Depan

Pihak Kementerian Perhubungan memastikan pihaknya akan membangun fasilitas pengujian kendaraan pada tahun depan, 2020. Salah satu yang bisa dilakukan fasilitas tersebut salah satunya adalah uji tabrak alias crash test.

Walau baru tahap penjajakan pembangunan, namun Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut fasilitas tersebut akan dibangun di daerah Bekasi, Jawa Barat.

 

"Untuk proving ground sangat penting sekali perannya, untuk semakin menjamin bahwa mobil yang diproduksi di Indonesia itu punya tingkat keselamatan tinggi," ujar Budi dalam sambutannya dalam pembukaan GIIAS Makassar 2019 (11/9).

Lebih lanjut ia menyebut bahwa fasilitas uji tabraknya itu akan mengacu pada standar Eropa. Namun ia tak menutup kemungkinan untuk mengadopsi berbagai standar internasional lainnya.

Jika fasilitas uji tabrak yang ada di Malaysia saat ini berbendera ASEAN NCAP, maka belum ada keterangan akan dinamai apa yang akan dibangun oleh Kemenhub di Bekasi nantinya.

Budi juga menyebut bahwa nantinya fasilitas pengujian tersebut akan didukung oleh pihak Kementerian Perindustrian dalam hal pengujian tipe mobil.

Bahkan dalam pembangunannya Budi juga menyebut ada keterlibatan pihak swasta dalam realisasi fasilitas yang ditunggu-tunggu tersebut. Dalam keterangan yang kami terima, Kementerian Perhubungan melibatkan pihak swasta sebagai investor untuk pengembangan fasilitas pengujian tipe melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha.

Baca juga: Perlu Kah Lembaga Uji Tabrak di Indonesia? Ini Komentar Netizen

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com