Demi Keselamatan, Ada Lampu Baru Selain Sein dan Headlamp

Demi Keselamatan, Ada Lampu Baru Selain Sein dan Headlamp

Komunikasi antar pengemudi di jalan raya sebagian besar dilakukan dengan mengunakan lampu mobil, selain dari ‘teriakan’ klakson.

Mulai dari lampu utama, lampu sein, lampu belakang (taillight) dan lampu lainnya merupakan alat komunikasi pada tiap-tiap mobil. Maka keberadaan lampu-lampu tersebut mutlak dibutuhkan dan kerjanya tak boleh terganggu atau rusak.

Namun saat ini terdapat satu fitur lampu yang diperkirakan akan jadi fitur standar bagi seluruh mobil di masa depan. Fitur tersebut adalah Emergency Stop Signal atau ESS.

Fitur ini memanfaatkan lampu sein dari mobil yang akan menyala dan berkedip ketika mobil melakukan pengereman mendadak.

Tujuannya untuk memperingatkan pengemudi kendaraan lain terutama yang berada di belakang kendaraan bahwa mobil di depannya tengah melakukan pengereman mendadak atau pengereman keras (hard braking).

Awalnya fitur ini menjadi standar bagi produk-produk asal Eropa seperti Mercedes-Benz, BMW, Volvo dan VW. Belakang terus dijejalkan sebagai standar bagi merek-merek lain seperti KIA, Hyundai, Toyota dan lain sebagainya.

Mitsubishi Xpander menjadi pelopor penggunaan sistem keamanan aktif ini di segmen Low MPV.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com