7 Tips Berkendara Aman di Musim Liburan

7 Tips Berkendara Aman di Musim Liburan

Musim liburan akhir tahun masih berlangsung, megemudi mobil kesayangan bersama keluarga atau teman-teman pun jadi salah satu keseruan tersendiri dalam mengisi liburan.

Tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikan kaidah-kaidah keselamatan. Pastikan selalu semua aspek safety driving terpatuhi dengan baik selama mengemudi di musim liburan.

 

Mari kita pahami dan ingat lagi beberapa tips untuk menambah keselamatan dan kenyamanan dalam mengemudi, kali ini panduannya diberikan oleh Daihatsu Indonesia.

Ada 7 tips yang harus diperhatikan supaya perjalanan liburan jadi semakin aman:


1. Pastikan mobil dalam kondisi yang siap dan aman, mulai dari bagian mesin seperti oli, air radiator, rem, ban dan lampu-lampu. Apabila angka Odometer sudah mendekati waktu service berkala, bawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

2. Taruh muatan di dalam kabin mobil sehingga lebih aman ketika berada di tempat umum. Perhatikan juga muatan dalam kabin, jangan sampai menghalangi visibilitas kaca spion ke arah belakang mobil, periksa juga tekanan angin pada ban.

3. Apabila dalam perjalanan yang panjang, pastikan kesehatan penumpang dan pengemudi dalam kondisi yang prima. Beristirahatlah dan lakukan senam kecil, setiap 2 jam perjalanan.

4. Menggunakan fitur kendaraan sesuai dengan peruntukkan, seperti selalu menggunakan sabuk pengaman, penggunaan lampu hazard hanya dalam kondisi darurat.

5. Mengemudikan mobil dengan baik dan benar dengan memperhatikan kondisi di sekitar, selalu waspada dan hindari rem mendadak dengan selalu menjaga jarak aman, selalu hidupkan lampu sein saat ingin pindah jalur dan jangan menelfon saat
mengemudi.

6. Bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti dongkrak, ban cadangan, kotak P3K, kunci-kunci, serta tool kit lainnya.

7. Patuhi peraturan, dan rambu lalu lintas, serta membawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com