Penyebab Tapak Ban Mobil Tak Habis Secara Merata

 Aditya Widiutomo    21 February, 2024
Tips

OTODRIVER - Tapak ban mobil akan berkurang ketebalannya seiring dengan pemakaian. Biasanya usia ban mobil bisa mencapai 60.000 km hingga 80.000 km tergantung dari kondisi pemakaian pengguna.

Kendati demikian, seringkali permukaan tapak ban mobil tidak habis secara merata. Terkadang, tapak ban aus di satu bagian sisi saja.

ilustrasi spooring

Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan penyebab kondisi ban yang habis tidak merata tersebut.

"Ban habis tidak rata antara bagian kiri dan kanan bisa jadi setelan atau setting camber dan toe salah atau sudah bergeser," ujar Abeng.

Maka dari itu, mobil dibutuhkan proses spooring dalam kurun waktu tertentu.

"Tingkat kelurusan roda mobil harus dicek ulang dan dikalibrasi di mesin spooring agar sesuai dan tidak menyebabkan ban habis pada satu sisi saja," tambahnya.

Ada satu lagi penjelasan, keausan tapak ban yang tidak merata disebabkan oleh kondisi camber yang disetel secara negatif.

"Bila sudut camber disetel negatif maka bagian sisi dalam ban yang akan cepat aus," tutupnya. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak1 hari laluTipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi2 hari laluTipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban4 hari laluBeritaPolres Cianjur: Hindari Jalur Jonggol-Puncak II Saat Malam Hari08 April 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan2 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion4 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 6 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 20 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak1 hari lalu