Cara Usir Rasa Kantuk Saat Mengemudi Di Bulan Puasa

 Aditya Widiutomo    22 March, 2024
Tips

OTODRIVER - Berkendara ketika berpuasa mungkin menjadi kewajiban bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang kerap terjadi saat momen ini adalah rasa kantuk ketika berkendara.

Kondisi tersebut tentu banyak dialami pengemudi saat ingin mulai beraktivitas bekerja. Namun tenang saja, untuk mengatasi kantuk saat mengemudi ada cara mudah yang dapat Anda lakukan.

Ilustrasi berkendara

"Paling simpel untuk mengatasi kantuk selama bulan puasa itu cuci muka, karena ketika air menyentuh permukaan kulit saraf ikut tersentak," kata Prof Dr Hardinsyah MS. Guru Besar Ilmu Gizi IPB University dan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, saat dihubungi tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Akan tetapi Anda tidak disarankan untuk mencuci muka dengan air panas, hal tersebut diungkapkan oleh Dendy Engelman, MD, ahli dermatologi kosmetik bersertifikat dan ahli bedah Mohs dengan Shafer Clinic di New York City. dikutip dari laman Everdyhealth.com

"Mencuci wajah dengan air panas dapat menyedot kelembaban dari kulit, membuatnya kering dan bisa teriritasi," ucapnya.

Zeichner merekomendasikan penggunaan air dingin atau suam-suam kuku, menurutnya air dingin cocok untuk semua jenis kulit dan dapat mengencangkan kulit dengan merangsang aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

"Bagi yang memiliki kulit sensitif juga bisa menggunakan air dingin agar kulit tidak mudah kering dan kadar minyak dapat bertahan untuk kelembaban," ujarnya.

Selain mencuci muka, Prof Hardinsyah menyarankan untuk mencari tempat istirahat ketika mengantuk dan bisa rehat sejenak saat mengemudi di bulan puasa.

"Intinya agar aliran darah dan oksigen tetap lancar, bisa istirahat sejenak," tambahnya. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsSetelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya2 hari laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak19 April 2024TipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi18 April 2024TipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban16 April 2024

Trending

Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Tidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaAll New Citroën C3 Aircross, LSUV Yang Tawarkan 7 Kenyamanan Terbaik Di Kelasnya2 jam laluMobil ListrikIni Tanggapan Pihak BYD Mengenai Inden Mobil Mereka Yang Disebut Warganet Terlalu Lama2 jam laluBeritaVarian Hybrid Mendominasi Penjualan Suzuki, XL7 Paling Laris 6 jam laluBeritaMudik In Style 2024, Naik Toyota Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali PP, Iritnya Kebangetan!7 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Mazda CX-60, SUV Bertenaga Buas Dengan Kubikasi Mesin Terbesar9 jam laluDaftar HargaDaftar Harga NETA Terbaru (April 2024)10 jam laluBeritaProduk Paint Protection Film Ini Kini Hadir Di Wilayah Jakarta Selatan12 jam laluBeritaBYD Resmikan Dealer Terbesar Mereka di Bekasi, Ini Lokasinya23 jam lalu