Penyebab Rem Tangan Yang Kurang Pakem

 Aditya Widiutomo    09 March, 2023
Tips

Parking Brake atau yang lebih akrab dengan sebutan rem tangan menjadi salah satu komponen penting dalam mobil. Salah satu fungsinya adalah menahan mobil saat parkir agar tidak berpindah tempat.

Seiring berjalannya waktu, kinerja rem tangan akan menurun dengan sendirinya akibat pemakaian. Lantas, bagaimana cara mengetahui kondisi rem tangan yang bisa dikatakan tak lagi dalam kondisi prima?

Sumarmin selaku Head Mechanic Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, menjelaskan sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi piranti ini bahkan tanpa harus dibongkar.

"Cara paling gampang dengan membedakan tarikan tuas. Biasanya setingan dari pabrikan itu mulai dari lima sampai tujuh klik, nah kalau sudah lebih dari itu atau tarikan makin tinggi bisa langsung dicek untuk memastikan kondisi rem," ujar Sumarmin ketika dihubungi tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Sumarmin turut menyampaikan, selain karena kampas rem yang sudah menipis, biasanya yang membuat tarikan rem tangan berubah yakni adanya kotoran di dalam mekanisme rem tangan tersebut. Secara otomatis, jalur kabel rem tangan pun ikut tersumbat.

"Kalau tersumbat saat mau menurunkan tuas juga sedikit susah. Memang jarang yang perhatikan, tapi baiknya bila sudah mengalami gejala tersebut segera melakukan perawatan. Umumnya akan dicek, kemudian pembersihan, sampai menyetel ulang kembali bila memang kondisi kampas masih normal," tambah Sumarmin.

“Bawalah ke bengkel atau dealer terdekat untuk pengecekan komponen ini. Kalau kotor dibersihkan, tetapi bila sudah aus, kampas harus diganti,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban19 jam laluTipsMudik Gunakan Mobil Tanpa Ban Serep, Sudah Paham Cara Pakai Tyre Repair Kit?06 April 2024TipsTak Hanya Oli, Aditif Mesin Juga Perlu Digunakan Saat Mudik Untuk Jaga Keawetan Mesin Mobil05 April 2024TipsJangan Mudik Sebelum Cek Angin Ban Serep04 April 2024

Trending

BYD Luncurkan Blade Baterai Gen 2 Bulan Agustus Nanti, Ini Keunggulannya
500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Sukses Jualan EV9, KIA Segera Rilis EV3,EV5 dan Belasan EV Lainnya

Berita Terbaru

BeritaSuzuki Jimny 3 Door Terkena Recall Di Indonesia52 menit laluBeritaMercedes-Benz Tarik Kembali 7000-an SUV Mereka di Australia, Bagaimana Dengan di Indonesia?16 jam laluBeritaToyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik17 jam laluBeritaCicilan Toyota Yaris Cross Hybrid Tipe Tertinggi Mulai Rp 8 Jutaan, Begini Skema Angsurannya18 jam laluTipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban19 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Honda CR-V (Euro NCAP)20 jam laluBeritaInterior Hyundai Creta EV Terkuak, Mirip Dengan All New Kona Electric21 jam laluBeritaMasih Ada ‘Setengah Juta’ Kendaraan Dari Sumatera Belum Pulang Ke Jawa22 jam lalu