Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

Daihatsu Berulah, Produksi Toyota Yaris Cross Dihentikan?

Daihatsu memanipulasi hasil tabrak samping
Tips - Senin, 1 Mei 2023 10:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


Melalui keterangan resminya (28/04) Daihatsu mengakui pihaknya telah memanipulasi data dengan memodifikasi bagian dalam pintu untuk memanipulasi data uji tabrak samping.

Saat terjadi tabrakan samping, pintu punya potensi untuk pecah dan mencederai pengemudi/penumpang saat airbag samping mengembang.

Guna mengantipasi hal tersebut, pihak Daihatsu menambahkan komponen tertentu untuk meminimalkan risiko pecahan ketika pengujian berlangsung.

BACA JUGA

Hal ini berpengaruh pada 88 ribu unit mobil yang akan dipasarkan oleh Toyota di beberapa negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

Model yang terkendala masalah ini antara lain Toyota Yaris Ativ (All New Vios) produksi Thailand dan Malaysia untuk pasar Thailand serta Meksiko. Kemudian untuk Perodua Axia (Daihatsu Ayla 2023) yang diproduksi di Malaysia untuk kebutuhan pasar domestik negeri jiran. Serta Toyota Agya 2023 yang diproduksi di Indonesia untuk Ekuador.

Menindaklanjuti pengumuman Daihatsu, Chairman Toyota Akio Toyoda dan CEO Koji Sato menggelar konferensi pers darurat di Jepang. Toyoda meminta maaf kepada seluruh masyarakat, dan juga menghentikan produksi sejumlah model yang dikembangkan bersama Daihatsu.

"Kesalahan yang dilakukan Daihatsu Motor Co., Ltd. adalah masalah yang menyangkut keselamatan, yang merupakan aspek terpenting dari kendaraan. Kami menganggap ini sebagai tindakan yang benar-benar tidak dapat diterima yang mengkhianati kepercayaan pelanggan kami," ungkap Toyoda dalam keterangan resmi, dikutip dari marketscreener. "Kami mohon maaf dengan tulus kepada pelanggan kami di seluruh dunia dan semua pihak terkait atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang ditimbulkan," lanjut Toyoda.

Terkait pernyataan resmi Toyota Jepang tersebut, yang mengatakan tengah menghentikan produksi sejumlah model yang model yang tengah dikembangkan bersama Daihatsu.

Apakah ada model yang dibikin di Indonesia yang terkena imbasnya? Dan apakah hal ini mempengaruhi proses kelahiran Toyota Yaris Cross untuk pasar Asia Tenggara dikembangkan oleh Daihatsu. Disebut-sebut bahwa model tersebut menjadikan Indonesia sebagai homebase produksinya.

Untuk kejelasannya, kami sudah menghubungi pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen Daihatsu di Indonesia. Demikian juga dengan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Namun sampai tulisan ini diturunkan belum ada jawaban dari keduanya.


Tags Terkait :
Yaris Cross SUV Asean
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Detik-Detik World Premiere Pesaing Honda HR-V Dari Toyota

1 tahun yang lalu


Berita
Toyota Akan Luncurkan Yaris Cross Minggu Depan. Gunakan Platform DNGA ?

1 tahun yang lalu


Tips
Daihatsu Berulah, Produksi Toyota Yaris Cross Dihentikan?

1 tahun yang lalu


Berita
Ada Mobil Baru hingga Konsep di IIMS 2023, Apa Saja?

1 tahun yang lalu


Berita
Toyota Akan Hadirkan SUV High Performance Berlabel GR

1 bulan yang lalu


Daftar Harga
Daftar Harga Compact SUV (Mei 2024)

1 bulan yang lalu


Berita
Mudik In Style 2024, Naik Toyota Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali PP, Iritnya Kebangetan!

2 bulan yang lalu


Berita
Fortuner Mild Hybrid Meluncur Di Afsel, Begini Cara Kerja Mesin Barunya

2 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

6 jam yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

7 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

11 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

12 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

15 jam yang lalu