Seberapa Siap Mobil Anda Menghadapi Musim Hujan?

 Aditya Widiutomo    07 November, 2022
Tips

Belakangan ini Indonesia tampaknya mulai memasuki musim penghujan. Hal ini tampak dari cuaca yang mulai kerap hujan beberapa hari terakhir, khususnya di Jabodetabek. Hal ini pun menjadikan Anda wajib memeriksa lebih detail mobil kesayangan. 

Untuk menghadapi musim penghujan ini, ada beberapa bagian yang utama mobil yang harus diperhatikan agar tidak menghambat kegiatan Anda saat berkendara.

“Sebenarnya ada lima bagian utama yang menjadi hal paling utama untuk diperhatikan sebelum berkendara di musim hujan, yaitu wiper, ban, pengeraman, lampu dan juga AC,” ungkap Sumarmin selaku Kepala Mekanik Auto 2000 Cilandak ketika dihubungi oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.

Wiper menjadi hal utama dikarenakan tugasnya untuk menghapus air yang menerpa kaca depan. “Wiper menjadi bagian penting saat berkendara di musim hujan untuk memberikan padangan yang maksimal bagi pengemudi,” jelasnya.

Tak kalah krusial pada si kulit bundar alias ban. Sebab, keempat ban memiliki tugas untuk memberikan traksi yang baik di jalanan yang basah. Kembangan ban yang sudah tipis atau botak akan membuatnya tidak bekerja maksimal.

“Kondisi kembangan ban yang tipis tidak dapat memberikan traksi yang baik di jalanan basah dan juga membahayakan. Tekanan angin pun juga harus disesuaikan dengan standarnya,” kata Sumarmin

Sistem pengereman juga menjadi hal yang sangat penting karena salah satu faktor penentu keselamatan. Maka fungsi dari sistem ini harus diperhatikan dengan baik untuk menghadapi musim hujan. "Sistem pengereman sudah pasti penting. Tidak hujan pun sistem pengereman harus bekerja dengan baik," tambahnya.

Komponen yang wajib dipastikan berfungsi dengan baik adalah lampu. Sebab, lampu tidak hanya memiliki peran penting saat berkendara malam hari. karena saat hujan deras, lampu juga memiliki peranan yang penting. “Di saat hujan deras, jarak pandang yang terbatas juga akan terbantu oleh lampu karena pengemudi lain di belakang akan mengetahui posisi mobil lainnya,” tukas Sumarmin

Sedangkan komponen yang tak kalah pentingnya di kabin adalah AC. Ia berperan penting untuk menjaga suhu kabin. Perbedaan suhu antara kabin dengan udara di luar mobil yang terlalu jauh akan membuat kaca berembun.

“AC itu penting untuk menjaga suhu kabin. Apabila suhu kabin lebih panas dibandingkan dengan udara di luar, maka kaca mobil akan berembun dan mengurangi kualitas pandangan saat berkendara,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsTips Perawatan Ban Mobil Biar Lebih Awet2 hari laluTipsSunroof Ternyata Butuh Perawatan, Begini Caranya2 hari laluUsed CarJasa Inspeksi Mobil Bekas Satu Ini Kini Punya Layanan Baru, Apa Itu?2 hari laluTipsMungkin Banyak Yang Masih Awam, Mesin Turbo Lebih Rumit Dari Mesin NA?4 hari lalu

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan4 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini6 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor9 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya10 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)11 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202212 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia13 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo14 jam lalu