Mobil Anda Masih Gunakan Aki Basah? Begini Cara Merawatnya

 Aditya Widiutomo    16 November, 2022
Tips

Aki kering atau yang biasa disebut dengan MF (Maintenance Free) mulai merambah di pasaran. Namun, tak jarang pengguna mobil masih banyak yang tetap mengandalkan aki basah karena dinilai justru lebih awet. Anggapan tersebut memang tak salah, asalkan perawatannya benar.

Faktor penting aki basah tentu adalah level atau ketinggian air akinya. Soal penambahan air aki ini, ternyata tak bisa sembarangan tapi sebenarnya cukup mudah caranya. Tidak perlu ke bengkel, bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Kunci pertama, tipe air aki jangan sampai salah. Terdapat dua pilihan, atau sering dikenal dengan botol merah dan biru.

Head Mechanic bengkel resmi Daihatsu BSD, Tangerang Selatan, Ricky Marko menjelaskan bahwa kemasan warna merah dikenal dengan Accu Zuur. Kandunga air aki ini adalah H2SO4, asam sulfat.

“Kemasan berwana merah untuk mengisi aki baru yang kosong belum ada air-nya,” ujar Ricky ketika dihubungi.

Sementara botol biru berisi H2O atau air murni. Cairan ini yang biasanya digunakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang. Setiap aki terdapat tanda batas maksimum dan minimun air.

“Jangan tambah air aki dengan botol merah, nanti kadar H2SO4 nya jadi naik dan akan menurunkan performa aki itu sendiri,” tambahnya

Tidak ada standar periodik pengisian air aki. Namun agar performa aki terjaga, kontrol terus level air aki. Mudah, kan?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsTips Perawatan Ban Mobil Biar Lebih Awet2 hari laluTipsSunroof Ternyata Butuh Perawatan, Begini Caranya2 hari laluUsed CarJasa Inspeksi Mobil Bekas Satu Ini Kini Punya Layanan Baru, Apa Itu?2 hari laluBeritaDi Tengah Era Peralihan ke EV, Akio Toyoda Mundur dari CEO Toyota3 hari lalu

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan5 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini6 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor9 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya10 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)11 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202212 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia13 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo14 jam lalu