Mobil Anda Masih Gunakan Aki Basah? Begini Cara Merawatnya

 Aditya Widiutomo    16 November, 2022
Tips

Aki kering atau yang biasa disebut dengan MF (Maintenance Free) mulai merambah di pasaran. Namun, tak jarang pengguna mobil masih banyak yang tetap mengandalkan aki basah karena dinilai justru lebih awet. Anggapan tersebut memang tak salah, asalkan perawatannya benar.

Faktor penting aki basah tentu adalah level atau ketinggian air akinya. Soal penambahan air aki ini, ternyata tak bisa sembarangan tapi sebenarnya cukup mudah caranya. Tidak perlu ke bengkel, bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Kunci pertama, tipe air aki jangan sampai salah. Terdapat dua pilihan, atau sering dikenal dengan botol merah dan biru.

Head Mechanic bengkel resmi Daihatsu BSD, Tangerang Selatan, Ricky Marko menjelaskan bahwa kemasan warna merah dikenal dengan Accu Zuur. Kandunga air aki ini adalah H2SO4, asam sulfat.

“Kemasan berwana merah untuk mengisi aki baru yang kosong belum ada air-nya,” ujar Ricky ketika dihubungi.

Sementara botol biru berisi H2O atau air murni. Cairan ini yang biasanya digunakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang. Setiap aki terdapat tanda batas maksimum dan minimun air.

“Jangan tambah air aki dengan botol merah, nanti kadar H2SO4 nya jadi naik dan akan menurunkan performa aki itu sendiri,” tambahnya

Tidak ada standar periodik pengisian air aki. Namun agar performa aki terjaga, kontrol terus level air aki. Mudah, kan?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak19 April 2024TipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi18 April 2024TipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban16 April 2024TipsMudik Gunakan Mobil Tanpa Ban Serep, Sudah Paham Cara Pakai Tyre Repair Kit?06 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual1 jam laluBeritaNissanConnect Resmi Diluncurkan, Memiliki Banyak Fungsi Bikin Mobil Nissan Lebih Canggih2 jam laluBeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia4 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)5 jam laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun7 jam laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?23 jam laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit1 hari lalu