Jangan Diulang, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Buat Kopling Cepat Aus

 Afrizal Abdul Rahman    24 December, 2022
Tips

Kampas kopling mobil dengan transmisi manual cepat habis bisa disebabkan beberapa hal, termasuk kebiasaan buruk pengemudi yang terus dilakukan. Kok bisa?

Tentu tak sedikit yang bertanya kebiasaan buruk apa yang dapat membuat kopling cepat aus? Jawabanya yaitu menginjak pedal kopling setengah saat mobil berhenti.

"Menginjak pedal kopling setengah dapat mengurangi keawetan kopling, seperti saat berhenti di tanjakan dan kebiasaan ini kerap dilakukan," kata Hariadi, Asst. to Service Dept, Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). 

Hariadi menuturkan kebiasaan tersebut terus dilakukan guna menghindari posisi mobil tidak mundur ke belakang. Namun ketika terus dilakukan juga tak baik.

     Baca Juga:   Masih Andalkan Mobil Bertransmisi Manual Untuk Berlibur? Yuk Simak Hal Ini

"Dapat membuat gesekan berlebihan pada kanvas atau cakram kopling," tambahnya.

Dalam hal ini Hariadi menyarankan ketika pengendara dalam kondisi yang mengharuskan berhenti di tanjakan, bisa menggunakan rem tangan.

"Lebih aman menggunakan rem tangan agar mobil tidak bergerak mundur, dengan meninggalkan kebiasaan menginjak pedal setengah bisa membuat kopling lebih awet," paparnya.

Jadi, pastikan tidak melakukan hal di atas jika tak ingin kampas kopling cepat aus, dan bisa menyiasatinya dengan tips di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaDeretan Mobil yang Meluncur di Pameran Otomotif IIMS 202407 February 2024BeritaJakarta Supersport Championship 2024, Lima Cabang Olahraga Dalam Satu Sirkuit04 February 2024BeritaIni Barisan Peserta IIMS 2024, Start Sehari Usai Coblosan Pemilu 01 February 2024BeritaElon Musk: Kesuksesan Mobil China Bisa Hancurkan Produsen Otomotif Lainnya26 January 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

Mobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 1 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 15 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien21 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China23 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak1 hari laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri1 hari laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara1 hari lalu