Cara Sederhana Merawat Pintu Sliding Door

 Aditya Widiutomo    22 November, 2022
Tips

Mobil-mobil baru kini banyak yang mengadopsi pintu geser otomatis dan biasanya banyak terdapat pada segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Alasan utamanya yakni lebih praktis dan tak makan tempat saat membuka.

Rupanya, pintu jenis ini kadangkala mengalami kerusakan. Ada perawatan ekstra agar pintu geser mobil tak cepat rusak, atau bermasalah. Salah satu yang harus diperhatikan, menurut Wahono selaku Kepala Bengkel Auto 2000 (bengkel resmi Toyota) BSD, Banten, banyak pengguna yang lalai untuk merawat pintu jenis ini.

“Jarang membersihkan kotoran di rel akan membuat pergerakan pintu terhambat bahkan macet. Kelalaian lainnya adalah pemilik sering abai memperhatikan kelainan pintu geser," ucap Wahono.

Pintu geser sebaiknya diberi pelumas secara berkala pada bagian bearing dan rel pintu. Tujuannya adalah untuk mencegah pintu seret dan juga timbulnya suara berdecit.

"Adapun kebiasaan pengguna pintu geser manual seringkali buka-tutup pintu dengan keras. Lama-lama pengait pintu rusak dan tidak bisa mengunci sempurna,” tambah  Wahono.

Selain itu, hindari banjir agar pintu geser terhindar dari kerusakan. Pintu geser elektrik memiliki motor yang berada di bawah pintu dan di bawah pijakan kaki. Bila sering terkena air lama-kelamaan motor tersebut rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsTips Perawatan Ban Mobil Biar Lebih Awet2 hari laluTipsSunroof Ternyata Butuh Perawatan, Begini Caranya2 hari laluUsed CarJasa Inspeksi Mobil Bekas Satu Ini Kini Punya Layanan Baru, Apa Itu?2 hari laluTipsMungkin Banyak Yang Masih Awam, Mesin Turbo Lebih Rumit Dari Mesin NA?4 hari lalu

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan4 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor8 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya9 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)10 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202211 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia12 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam lalu