Cara Sederhana Merawat Pintu Sliding Door

 Aditya Widiutomo    22 November, 2022
Tips

Mobil-mobil baru kini banyak yang mengadopsi pintu geser otomatis dan biasanya banyak terdapat pada segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Alasan utamanya yakni lebih praktis dan tak makan tempat saat membuka.

Rupanya, pintu jenis ini kadangkala mengalami kerusakan. Ada perawatan ekstra agar pintu geser mobil tak cepat rusak, atau bermasalah. Salah satu yang harus diperhatikan, menurut Wahono selaku Kepala Bengkel Auto 2000 (bengkel resmi Toyota) BSD, Banten, banyak pengguna yang lalai untuk merawat pintu jenis ini.

“Jarang membersihkan kotoran di rel akan membuat pergerakan pintu terhambat bahkan macet. Kelalaian lainnya adalah pemilik sering abai memperhatikan kelainan pintu geser," ucap Wahono.

Pintu geser sebaiknya diberi pelumas secara berkala pada bagian bearing dan rel pintu. Tujuannya adalah untuk mencegah pintu seret dan juga timbulnya suara berdecit.

"Adapun kebiasaan pengguna pintu geser manual seringkali buka-tutup pintu dengan keras. Lama-lama pengait pintu rusak dan tidak bisa mengunci sempurna,” tambah  Wahono.

Selain itu, hindari banjir agar pintu geser terhindar dari kerusakan. Pintu geser elektrik memiliki motor yang berada di bawah pintu dan di bawah pijakan kaki. Bila sering terkena air lama-kelamaan motor tersebut rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsPenyebab Tapak Ban Mobil Tak Habis Secara Merata3 hari laluTipsJangan Salah, Perawatan Mesin Turbo Dan Non Turbo Sama Saja4 hari laluTipsCara Usir Rasa Kantuk Saat Mengemudi Di Bulan Puasa22 March 2024TipsWaktu Berbuka Puasa Tiba Saat Berkendara, Perhatikan Hal Ini20 March 2024

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaPeriklindo: Road Map Elektrifikasi Nasional Tetap Berjalan4 jam laluBeritaMelihat Keunggulan BAIC X55 II, Bertenaga Mesin Lebih Besar Ketimbang Almaz dan Omoda 5 jam laluBerita Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Kawal Pemudik Lebaran 20245 jam laluMobil ListrikNissan Bakal Jual 16 Mobil Listrik di 20269 jam laluBeritaBAIC Resmi Jualan di Indonesia, Dua Model Ini Yang Bakal Dilepas Dalam Waktu Dekat10 jam laluBeritaAda Satu Merek Mobil Cina Lagi Meluncur Minggu Depan Di Indonesia11 jam laluBeritaBuka Puasa Bersama Komunitas Suzuki Jimny Dan Katana13 jam laluBeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?1 hari lalu