Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

Lampu Lalu Lintas Mati? Ingat 4 Point Ini

Padam listrik di sebagian wilayah Pulau Jawa, Minggu (8/5) kemarin memberi pelajaran tentang pentingnya etika di jalan raya.
Tips - Selasa, 6 Agustus 2019 15:00 WIB
Penulis : Alfons


Minggu (8/5) lalu wilayah Jabodetabek, Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah terdampak padam listrik massal atau yang banyak disebut sebagai Java power outage. Selain memengaruhi kelistrikan di pemukiman, banyak ruas jalan raya yang menjadi semrawut akibat padamnya lampu lalu lintas.

Menanggapi kejadian ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu coba memberi solusi. "Pada kondisi lampu lalu lintas tidak berfungsi, yang bisa dilakukan pengemudi adalah meningkatkan empati di jalan raya. Etika berlalu lintas untuk saling berbagi ruas jalan harus ditumbuhkan," terangnya.

BACA JUGA

Jusri lantas menerangkan secara teoritis sendiri ada beberapa norma jalan yang bisa dijadikan patokan untuk membantu ruas jalan yang lampu lalu lintasnya mengalami gangguan:


1. Jika bertemu pertigaan, kendaraan yang berjalan di jalur utama, umumnya jalur lurus, selalu mendapat prioritas jalan terlebih dahulu. Sama halnya dengan perempatan dengan ruas jalan utama dan yang lebih kecil, ruas jalan utama harus didahulukan.


2. Jika perempatan dengan jalur yang sama besarnya --tidak ada perbedaan kelas, berikan prioritas pada kendaraan yang tiba terlebih dahulu di perempatan.


3. Jika dua kendaraan datang di waktu bersamaan, maka prioritas diberikan pada kendaraan yang ada di sisi kanan. Misal kendaraan Anda datang dari arah Barat menuju Timur, di saat bersaman ada kendaraan dari arah Selatan menuju Utara, prioritas diberikan pada kendaraan dari arah Selatan karena berada di sisi kanan Anda.


4. Jika dua kendaraan datang di waktu bersamaan dan menuju arah yang sama, kendaraan yang lurus didahulukan baru diikuti kendaraan yang berbelok.

Menurut dia, aturan-aturan jalan di atas sesuai standar internasional yang dikenal sebagai 'all-way-stop' yang jamak ditemukan di negara seperti Australia, Kanada dan Amerika Serikat.

Pria yang juga aktif di komunitas Harley-Davidson ini juga menambahkan kalau untuk urusan etika berlalu lintas kita masih harus banyak belajar dari negara lain yang terbukti lebih tertib, sehingga menciptakan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman.

"Di negara-negara maju, namanya kemacetan akibat lampu mati itu kecil sekali. Tetap ada tapi kecil jumlahnya. Kenapa bisa? Karena ada etika dalam berbagi ruas jalan, isitilahnya mereka, 'share the road'," tambahnya lagi menutup percakapan.


Tags Terkait :
Padam Listrik Lalu Lintas
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Rem Belakang Mobil Nyala Terus, Ini Penyebabnya

2 tahun yang lalu


Tips
Lampu Lalu Lintas Mati? Ingat 4 Point Ini

5 tahun yang lalu


Mobil Listrik
Waduh, Banyak Mobil Listrik Punya APAR Tak Sesuai Peruntukan

1 hari yang lalu


Berita
6 Langkah Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menghemat Daya Baterai Mobil Listrik

2 hari yang lalu


Berita
Mencicipi AION Y Plus, Lintasi 339 Km Tanpa Range Anxiety

6 hari yang lalu


Berita
Deretan Mobil Yang Bisa Anda Test Drive Di GIIAS Surabaya 2024

1 bulan yang lalu


Berita
Zeekr 007 Segera Diluncurkan, Sedan Berperforma Tinggi Rp 460 Jutaan Yang Butuh Waktu Charge 10 Menit Full

1 bulan yang lalu


Berita
Rocky Hybrid Curi Perhatian di Booth Daihatsu GIIAS, Sayang Belum Dijual

2 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Maxdecal Luncurkan Produk Kaca Film Baru dan Berikan Giveaway Mobil Cipung

14 jam yang lalu


Berita
IMX 2024 Resmi Dibuka, Tanda-Tanda Industri Modifikasi Indonesia Siap Go International

16 jam yang lalu


Berita
Menilik Salah Satu Cabang Dealer Toyota Di Pulau Dewata

19 jam yang lalu


Tips
Mesin Diesel Euro 4 Masih Aman Tenggak Bio Solar?

23 jam yang lalu


Teknis
Jarak Tempuh Varian All New Hyundai Kona Electric Signature, Kalah Dengan Varian Prime. Mengapa Demikian?

1 hari yang lalu