Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

3 Hal yang Dapat Memperpendek Usia Transmisi Otomatik

Jenis transmisi tanpa pedal kopling ini pun dinilai memberikan kepraktisan bagi sang pengemudi. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan umur transmisi otomatik lebih pendek.
Tips - Rabu, 21 Agustus 2019 13:00 WIB
Penulis : Aditya Widiutomo


Transmisi otomatik kini menjadi salah satu pilihan favorit bagi para pengguna mobil. Hal ini disebabkan oleh kepadatan jalanan di kota-kota besar Indonesia yang tentunya akan membuat kaki pegal jika harus sering menekan pedal kopling.

Jenis transmisi tanpa pedal kopling ini pun dinilai memberikan kepraktisan bagi sang pengemudi. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan umur transmisi otomatik lebih pendek. Apa saja kondisi yang memperpendek usia transmisi matic?

BACA JUGA

Foto: Jason

1. Sering kena macet, ini merupakan kondisi yang memangkas secara signifikan usia pakai ATF alias Automatic Transmission Fluid. Walau tidak produktif dalam menghasilkan tambahan jarak tempuh, namun tetap saja terdapat perputaran pada unit torque converter di transmisi matic.

2. Kondisi dan kontur jalanan. Semakin banyaknya naik-turun maka transmisi semakin bekerja dengan keras sehingga berpengaruh pada kualitas oli transmisi. 

3. Menahan gigi pada posisi D saat macet, kebiasaan ini akan mempercepat penurunan kualitas ATF sekaligus usia pakai pelat kopling.

“Karena umur pakai, maka oli transmisi matik harus diganti secara rutin. Ada hitungan untuk melakukan penggantian oli tersebut,” ujar Hermas Effendy selaku pemilik bengkel Worner Matic di kawasan Tangerang Selatan, Banten, ketika dihubungi (2/8).

Hermas juga menjelaskan bahwa ada baiknya jika pelumas transmisi matic diganti lebih cepat dibandingkan jarak yang dianjurkan jika kerap mendapati 3 kondisi di atas.

“Untuk amannya maka disarankan untuk mengganti oli transmisi di bawah jarak tempuh yang disarankan oleh pabrikan, semisal melakukan penggantian 5 ribu kilometer lebih awal dari jadwal semestinya,” tutup Hermas.


Tags Terkait :
Transmisi Otomatik Oli Tips
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Tips
Kiat-Kiat Agar Transmisi Otomatik CVT Mobil Anda Awet

3 bulan yang lalu


Tips
Beberapa Penyebab Transmisi Otomatik CVT Menjadi Tidak Awet

7 bulan yang lalu


Tips
Perbedaan Mendasar Cara Kerja Transmisi Otomatik Konvensional vs CVT

8 bulan yang lalu


Tips
Cara Mengecek Volume Oli Transmisi Matic Mobil Anda

11 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Maxdecal Luncurkan Produk Kaca Film Baru dan Berikan Giveaway Mobil Cipung

15 jam yang lalu


Berita
IMX 2024 Resmi Dibuka, Tanda-Tanda Industri Modifikasi Indonesia Siap Go International

17 jam yang lalu


Berita
Menilik Salah Satu Cabang Dealer Toyota Di Pulau Dewata

20 jam yang lalu


Tips
Mesin Diesel Euro 4 Masih Aman Tenggak Bio Solar?

1 hari yang lalu


Teknis
Jarak Tempuh Varian All New Hyundai Kona Electric Signature, Kalah Dengan Varian Prime. Mengapa Demikian?

1 hari yang lalu