Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

Waktu Berbuka Puasa Tiba Saat Mengemudi? Lakukan Hal ini

Tak sedikit pengendara yang berbuka puasa ketika sedang berkendara. Lantas, apakah buka puasa ketika berkendara diperbolehkan?
Tips - Senin, 28 Mei 2018 09:00 WIB
Penulis : Aditya Widiutomo


Bagi Anda yang memiliki rutinitas berkendara dengan mobil setiap hari, tentunya situasi akan berbeda antara bulan suci Ramadhan dan bulan-bulan biasanya. Konsentrasi ekstra menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika mengemudi sambil menjalankan ibadah puasa.

Momen paling krusial saat bulan puasa adalah waktuya berbuka puasa. Tak sedikit pengemudi yang mendapati waktu berbuka ketika masih sedang berkendara. Lantas, apakah buka puasa ketika berkendara diperbolehkan?

BACA JUGA

Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesian menjelaskan bahwasanya berbuka puasa saat berkendara sebenarnya diperbolehkan.

“Boleh-boleh saja. Asal sifatnya makanan ringan seperti snack dan roti. Pastikan makanan tersebut mudah digenggam dengan satu tangan dan dalam kecepatan rendah, maksimal 60 km/jam. Selain itu, gunakan lajur kiri,” ujar Soni saat dihubungi oleh tim OtoDriver (27/5).

Ia juga menambahkan bahwa ketahui medan dan situasi jalan yang dilalui. “Selalu waspada. Perhatikan rambu-rambu dan kondisi lalulintas. Jangan lakukan hal tersebut pada jalanan berliku dan ramai oleh roda dua,” tambahnya.

Masih menurut Sony, hal tersebut dapat lebih mudah dilakukan jika terdapat orang kedua alias codriver saat berkendara. “Jika memungkinkan, codriver dapat membantu sang pengendara,” tutupnya.

Kendati demikian, usahakan menepi lah di tempat aman dan mulai makan atau pun minum dalam kondisi mobil benar-benar berhenti.


Tags Terkait :
Tips Mengemudi
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Tips
5 Langkah Mudah Membersihkan Jamur Pada Cat Mobil

2 tahun yang lalu


Tips
5 Panduan Berpakaian yang Nyaman untuk Perjalanan

4 tahun yang lalu


Tips
TIPS: Hindari 7 Busana Ini Supaya Mengemudi Lebih Aman

7 tahun yang lalu


Tips
Memanaskan Mobil Matic Tak Boleh Sembarang. Ini Cara Yang Benar

3 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Daihatsu Sigra Kembali Muncul Sebagai Penguasa Segmen LCGC

1 jam yang lalu


Mobil Listrik
BMW Tengah Lakukan Pengujian Pada EV Dengan Desain Radikal

1 jam yang lalu


Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

3 jam yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

5 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

18 jam yang lalu