XPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China

 Ahmad Biondi    19 April, 2024
Mobil Listrik

OTODRIVER - Volkswagen dan Xpeng berkolaborasi untuk membuat platform EV baru yang diharapkan dapat mengurangi biaya produksi dan membantu memulihkan pangsa pasar di China.

Para eksekutif di Wolfsburg berpikir bahwa China Electrical Architecture (CEA) yang baru, merupakan proyek bersama antara Xpeng dan anak perusahaan VW, Volkswagen China Technology Company (VCTC) dan CARIAD China.

Dengan demikian, ini akan memangkas biaya sebanyak 40 persen dibandingkan dengan platform MEB saat ini yang digunakan pada mobil-mobil seperti ID.4, dan membuat mobil listrik VW sama terjangkaunya dengan mobil listrik dari merek-merek China.

Seperti diberitakan Carscoops, penghematan biaya ini sebagian berasal dari pengurangan 30 persen jumlah unit kontrol elektronik. 

Sistem komputer terpusat dan struktur zonal sub-sistem juga memudahkan VW untuk menerapkan pembaruan melalui udara (jaringan nirkabel) dan mengimplementasikan teknologi baru seperti fitur mengemudi otonom yang dapat diperbarui secara terus-menerus dan mulus.

Salah satu model yang bakal diluncurkan VW

VW akan meluncurkan platform ini ke pasar China pada tahun 2026 dalam bentuk dua kendaraan kelas menengah, yang pertama adalah sebuah SUV.

Namun pada tahun yang sama VW juga akan meluncurkan platform khusus China kedua yang dikembangkan bersama oleh VCTC, SAIC Volkswagen, dan FAWVolkswagen. 

Arsitektur China Main Platform (CMP) ini dirancang untuk mobil yang lebih terjangkau daripada yang akan menjadi tuan rumah CEA, dan pada awalnya akan menghasilkan empat model bermerek VW yang lebih kecil. 

Ini bukan pertama kalinya VW dan Xpeng menjadi berita utama. Tahun lalu, produsen mobil Jerman ini mengakuisisi 4,99 persen saham di perusahaan China tersebut dengan nilai sekitar 700 juta dolar AS (Rp11,3 triliun) sebagai bagian dari rencana untuk membalikkan nasibnya yang lesu di China. (AB) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Berita50 Tahun Volkswagen Golf Berkiprah, Karya Terpenting Giorgetto Giugiaro31 March 2024Mobil ListrikXpeng P7i Wing Edition Segera Dirilis, Konsumen Bebas Pesan Warna Interior Sesuai Selera24 March 2024Mobil ListrikXpeng, Produsen China Genjot Produk EV Murah Tapi Canggih Berharga Rp 240 jutaan20 March 2024BeritaDemi Saingi Mobil Listrik China, VW Siapkan EV Rp 300 Jutaan17 March 2024

Trending

Tidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
Daftar Harga CHERY Terbaru (April 2024)
GWM Tank 500 Hybrid Bisa Ditebus Mulai Rp 200 Jutaan, Begini Skema Kreditnya
Mudik In Style 2024, Naik Toyota Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali PP, Iritnya Kebangetan!

Berita Terbaru

BeritaSiap-Siap, Toyota Gazoo Racing Bakal Lahirkan GR Starlet28 menit laluDaftar HargaDaftar Harga GWM Terbaru (Mei 2024)1 jam laluBerita2026, BYD Bakal Bangun Pabrik Produksi Di Subang, Jawa Barat3 jam laluBeritaMudik In Style 2024, Merasakan Kenyamanan Suspensi Subaru Outback di Lengangnya Jakarta22 jam laluBeritaABC Stories Membawa Wuling Jadi Brand EV Paling Berpengaruh Di Indonesia23 jam laluBeritaWuling Cloud EV Sudah Bisa Dipesan, Perkiraan Harga Rp 410 Juta1 hari laluDaftar HargaDaftar Harga NISSAN Terbaru (April 2024)1 hari laluBeritaToyota Eco Youth Ajak Generasi Muda Berinovasi Dalam Gerakan Berwawasan Kelestarian Lingkungan 1 hari lalu