XPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China

 Ahmad Biondi    19 April, 2024
Mobil Listrik

OTODRIVER - Volkswagen dan Xpeng berkolaborasi untuk membuat platform EV baru yang diharapkan dapat mengurangi biaya produksi dan membantu memulihkan pangsa pasar di China.

Para eksekutif di Wolfsburg berpikir bahwa China Electrical Architecture (CEA) yang baru, merupakan proyek bersama antara Xpeng dan anak perusahaan VW, Volkswagen China Technology Company (VCTC) dan CARIAD China.

Dengan demikian, ini akan memangkas biaya sebanyak 40 persen dibandingkan dengan platform MEB saat ini yang digunakan pada mobil-mobil seperti ID.4, dan membuat mobil listrik VW sama terjangkaunya dengan mobil listrik dari merek-merek China.

Seperti diberitakan Carscoops, penghematan biaya ini sebagian berasal dari pengurangan 30 persen jumlah unit kontrol elektronik. 

Sistem komputer terpusat dan struktur zonal sub-sistem juga memudahkan VW untuk menerapkan pembaruan melalui udara (jaringan nirkabel) dan mengimplementasikan teknologi baru seperti fitur mengemudi otonom yang dapat diperbarui secara terus-menerus dan mulus.

Salah satu model yang bakal diluncurkan VW

VW akan meluncurkan platform ini ke pasar China pada tahun 2026 dalam bentuk dua kendaraan kelas menengah, yang pertama adalah sebuah SUV.

Namun pada tahun yang sama VW juga akan meluncurkan platform khusus China kedua yang dikembangkan bersama oleh VCTC, SAIC Volkswagen, dan FAWVolkswagen. 

Arsitektur China Main Platform (CMP) ini dirancang untuk mobil yang lebih terjangkau daripada yang akan menjadi tuan rumah CEA, dan pada awalnya akan menghasilkan empat model bermerek VW yang lebih kecil. 

Ini bukan pertama kalinya VW dan Xpeng menjadi berita utama. Tahun lalu, produsen mobil Jerman ini mengakuisisi 4,99 persen saham di perusahaan China tersebut dengan nilai sekitar 700 juta dolar AS (Rp11,3 triliun) sebagai bagian dari rencana untuk membalikkan nasibnya yang lesu di China. (AB) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaVolkswagen California PHEV Segera Meluncur Sebagai Camper Van Modern06 May 2024Berita50 Tahun Volkswagen Golf Berkiprah, Karya Terpenting Giorgetto Giugiaro31 March 2024Mobil ListrikXpeng P7i Wing Edition Segera Dirilis, Konsumen Bebas Pesan Warna Interior Sesuai Selera24 March 2024Mobil ListrikXpeng, Produsen China Genjot Produk EV Murah Tapi Canggih Berharga Rp 240 jutaan20 March 2024

Trending

Harga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?
Segini Hasil Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Digeber Jakarta-Semarang
Berkenalan Dengan Neta GT, Pesaing BYD Seal Yang Hanya Butuh 3,7 Detik 0-100 KM/Jam
Toyota Akan Hadirkan SUV High Performance Berlabel GR
Neta V-II Resmi Dijual Dengen Banderol Rp 299 Juta, Termurah di Kelasnya

Berita Terbaru

BeritaChery Tiggo 5X Terkena Recall di Filipina, Bagaimana Dengan di Indonesia?2 jam laluTipsGanti Aki Ternyata Ada Persyaratan Dan Strateginya3 jam laluTipsTips Merawat Sunroof4 jam laluBeritaToyota, Subaru dan Mazda Kolaborasi Bikin Mesin Hybrid Canggih5 jam laluBeritaHarga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas6 jam laluBeritaNissan Magnite Facelift Sudah Beredar Di India7 jam laluBeritaHUT ke 3 Kagama 4x4 Adventure. Tetap Guyup, Rukun dan Berdaya Guna9 jam laluBeritaServis Kaki-Kaki Dengan Shaking Machine Melebarkan Sayap Lebih Dari 40 Kota19 jam lalu