Jokowi Optimis Indonesia Punya Ekosistem Sendiri Untuk Kendaraan Listrik

 Ahmad Biondi    04 May, 2024
Mobil Listrik

OTODRIVER - Dalam kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5/2024) sore.

Jokowi sempat menghampiri beberapa booth peserta pameran, seperti NEU, Keeway EV, BYD, Mobil Anak Bangsa (MAB), dan PT PLN (Persero).

Jokowi mampir ke booth PLN di PEVS 2024

Selain itu, Presiden juga melakukan kunjungan ke area pameran Asiabike Jakarta di Hall A, JIExpo Kemayoran seperti Yadea, Sunra, Aima dan Tailg.

Kehadirannya dalam pameran tersebut, didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Umum Periklindo, Moeldoko, serta Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono.

Presiden menyambut baik pameran kendaraan listrik ini. Terlebih pameran ini diisi beragam jenis kendaraan listrik, mulai dari sepeda motor, mobil, truk, dan bus.

Dirinya optimistis, Indonesia akan memiliki ekosistem kendaraan listrik sendiri di masa depan. Pasalnya, dari sisi produksi Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar.

Tak hanya itu, Indonesia juga akan segera memiliki pabrik industri baterai yang akan mulai berproduksi pada bulan depan.

"Dan kalau melihat misalnya kayak kendaraan listrik, sepeda motor listrik itu kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu saja. Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali," terang Jokowi usai berkeliling PEVS 2024.

"Yang kedua, nanti bulan depan itu ada yang namanya pabrik industri baterai yang sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ini ekosistem ini segera terbangun," tambahnya. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaOLXMobbi Mencatat Mobil Listrik Seken Sudah Ada 1.000 Unit2 hari laluDaftar HargaDaftar Harga Mobil Listrik Di Indonesia (Mei 2024)5 hari laluBeritaWuling Cloud EV ‘Menyala’ Di Ajang Pameran Kendaraan Listrik09 May 2024BeritaPeriklindo Eletric Vehicle Show (PEVS) 2024 Berikan Gambaran Perkembangan Mobil Listrik di Indonesia03 May 2024

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Daftar Harga MERCEDES-BENZ Terbaru (Mei 2024)
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Daftar Harga MINI Terbaru (Mei 2024)
Hyundai Siapkan Ioniq 3 Sebagai Pesaing Langsung EV Murah Dari China

Berita Terbaru

BeritaHonda Berkolaborasi Dengan IBM Untuk Kembangkan Software dan AI39 menit laluBeritaBumblebee Versi Listrik Bakal Meluncur 2026, Simak Bocorannya1 jam laluTipsBuat Para Penggemar Kecepatan, Hyundai Ioniq 5 N Sebentar Lagi Datang2 jam laluMobil ListrikToyota Hilux EV Segera Hadir Tahun Depan2 jam laluBeritaKesuksesan Vinfast Di Negara Asalnya Akan Diimplementasikan Di Indonesia21 jam laluBeritaEurokars Group Untuk Pertama Kalinya Tawarkan Mobil Bekas, Mulai Porsche Hingga Bentley22 jam laluBeritaPrestige Motor Resmi Jadi Dealer BAIC. Akan Sediakan Lahan Khusus Untuk Test Drive Off-Road23 jam laluBeritaTunggu Beberapa Penyesuaian, Mitsubishi Triton Terbaru Segera Hadir Di Indonesia 1 hari lalu