Charger Untuk Mobil Formula E Belum Tersedia Untuk Konsumen Mobil Listrik

 Aditya Widiutomo    05 June, 2023
Mobil Listrik

Ajang balapan Formula E bukan hanya menyajikan sebuah tontonan mobil balap bergengsi, tetapi juga pembuktian akan inovasi sebuah mobil listrik. Tidak hanya ramah lingkungan, tetapi mobil balap Formula E seolah membuktikan performa mobil listrik tidak kalah jika dibandingkan mobil bermesin bensin konvensional.

Selain mobil balap, tentu ada satu infrastruktur yang berperan penting dalam ajang balap Formula E, yakni sistem pengisian daya yang diboyong oleh Perusahaan ABB.

Semua mobil balap Formula E menggunakan alat pengisian daya yang bernama ABB Spark Gen 3. Kehebatan alat ini, memiliki dua outlet. Jika digunakan satu outlet, dayanya bisa mencapai 160 kW. Sementara jika keduanya digunakan, masing-masing menghasilkan 80 kW sehingga untuk mengisi daya mobil balap Formula E yang memiliki kapasitas baterai 50 kW, waktu yang dibutuhkan dari kosong hingga penuh hanya 45 menit saja.

Lantas, apakah alat pengisian daya ini sudah tersedia untuk pengguna mobil listrik umum? Bas Berix, Project Manager ABB mengatakan bahwa saat ini charger Spark Gen 3 ini hanya dikhususkan untuk ajang balap Formula E saja

“Untuk saat ini, charger ini (Spark Gen 3) dikhususkan untuk mobil balap Formula E saja. Kami belum menjual sistem pengisian daya ini untu maksyarakat pengguna mobil listrik umum,” jelasnya di sela-sela ajang balap Formula E Jakarta putaran 10 di Ancol, Jakarta Utara (3/6).

Kendati demikian, Bas mengungkapkan ada kemungkinan bahwa peranti charger seperti ini bisa saja dipasarkan dalam waktu mendatang.

“Ini adalah mobil charger pertama kami dan kami sedang mempelajari lebih lanjut lagi. Jadi, ketika kami akan membawa ke pasaran, kami harus mempelajari lebih banyak lagi. Tetapi, suatu saat, kami yakin bahwa mobil charger ini bisa kami bawa ke pasaran untuk digunakan oleh masyarakat umum,” pungkasnya.

Selain kemampuan pengisian daya yang hebat, charger ABB Spark Gen 3 ini juga punya dimensi yang ringkas serta bersifat mobile alias bisa dibawa kemana-mana.  Dimensi tinggi 1.520 mm, lebar 1.150 mm, dan panjang 850 mm. Bobotnya sendiri mencapai 450 kg.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaAkhiri Tahun 2023, Dodge Charger dan Challenger Resmi Disuntik Mati01 January 2024BeritaPerluas Ekosistem Eletrifikasi, Toyota Bangun Fast Charging Di Tol Trans Jawa05 October 2023Mobil ListrikSetelah Honda, Kini Jaguar Jalin Kerjasama dengan Tesla untuk Penggunaan Supercharger 22 September 2023BeritaPemilik Mobil Listrik Honda Akan Bisa Pakai Supercharger Tesla 09 September 2023

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
Mudik In Style 2024, Plus-Minus Stargazer X Ketika Melahap Lintas Sumatera

Berita Terbaru

BeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual4 jam laluBeritaNissanConnect Resmi Diluncurkan, Memiliki Banyak Fungsi Bikin Mobil Nissan Lebih Canggih5 jam laluBeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia7 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)8 jam laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun10 jam laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?1 hari laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit1 hari lalu