Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / First Drive

FIRST DRIVE: Mitsubishi Xpander Cross MT

Jadilah kami bawa Xpander Cross menyusuri Taman Nasional Barat. Bukannya sengaja, kami kebetulan diberi unit Xpander Cross bertransmisi manual oleh Mitsubishi.
First Drive - Minggu, 9 Februari 2020 10:00 WIB
Penulis : Danu P Dirgantoro


Sejatinya Mitsubishi Xpander adalah sebuah LMPV. Namun sejak debutnya pada 2017, LMPV ini sangat kental nafas SUV-nya. Bahkan ground clearance-nya merupakan yang tertinggi di kelasnya. 

Seolah kurang dengan hal itu, Mitsubishi Indonesia merilis versi SUV-bangetnya pada akhir tahun lalu. Lahirlah Xpander Cross. Imbuhan "Cross" rasanya sudah cukup untuk menunjukkan identitasnya sebagai mobil yang siap diajak melintasi medan agak jelek.

Jadilah kami bawa Xpander Cross menyusuri Taman Nasional Barat. Bukannya sengaja, kami kebetulan diberi unit Xpander Cross bertransmisi manual oleh Mitsubishi. 

BACA JUGA

 

Roofrail di unit ini menjadi salah satu pembeda dari Xpander biasa. Kehadirannya sangat membuat unit ini sangat macho. Apakah roof rail ini hanya bagus sebagai pemanis atau benar-benar kuat untuk menyokong roof box? Kami tak sempat membuktikannya.

Dengan ground clearance Xpander Cross yang mencapai 225 mm, masih tak ada bedanya saat masuk ke kabin jika dibanding Xpander biasa. Duduk di balik kemudi pun juga rasanya masih seperti di kokpit Xpander non-Cross. Penyesuaian bangku tentu dilakukan secara manual juga.

Tak perlu berlama-lama, langsung saja OtoDriver bersama dua jurnalis nasional lainnya membawa Xpander Cross tiga pedal ini menyusuri Buleleng dengan khas tanjakan dan turunannya. 

 

Entah karena setingan pedal kopling unit tesnya yang belum maksimal atau bukan, namun kami merasa respon akselarasi dengan injakan pedal gas kurang responsif. Pihak Mitsubishi yang menjadi dukungan teknik dalam kesempatan test drive ini menyebut tak ada bedanya profiling ECU Xpander Cross dengan yang biasa. 

Namun sejatinya saat di putaran tinggi, tenaga Xpander Cross terasa tak ada ngos-ngosannya. Mesin 1.500 cc bertenaga 105 ps dengan torsi bisa mencapai 141 Nm juga sangat cukup melahab tanjakan-tanjakan di daerah Taman Nasional Bali Barat. 

Bantingan suspensi harus kami beri apresiasi. Sama seperti Xpander non-Cross, redaman suspensi kala mobil menghajar lubang cukup baik menjaga kenyamanan di belakang. Pihak teknikal padahal menyebut karakter suspensi Xpander Cross sebenarnya diseting agak lebih keras dibanding Xpander biasa. Hal itu untuk mengakomodir tinggi total dan ground clearance yang lebih tinggi.

 

Bertemu macet, walau sebentar, sebenarnya bukan jadi hal yang tak kami mau saat membawa Xpander Cross manual. Namun kondisi ini harus kami jalani untuk dilaporkan dalam tulisan ini. Well, empuknya pedal kopling sedikit menghibur dari respon akselarasi yang jadi isu kami di awal tadi. Adanya kawalan fitur Brake Asisst juga membuat mengemudi di kemacetan terasa lebih tenang.

Dengan bobot keseluruhan Xpander Cross yang sekitar 100 kg lebih berat dari Xpander biasa ternyata masih oke untuk diajak berlari di tol. Catatan konsumsi bahan bakar yang kami peroleh mencapai 10,2 km/liter.

Kesimpulan

Embel-embel "Cross" tentu membuat ekspektasi kami pada mobil ini adalah tangguh saat diajak keluar dari permukaan aspal. Ya, memang tangguh. Tapi sebaiknya keluar dari aspalnya jangan terlalu jauh. Kalau sekedar permukaan berkerikil saja masih oke dilibas Xpander Cross. Namun jika lebih dari itu sebaiknya segera kembali ke aspal. Dengan harga yang menuju Rp 300 juta Anda juga akan dipukau dengan beragam fitur menarik dan eksterior yang macho, cocok untuk pindah-pindah mall jika jarang bertemu permukaan jalan tanah.


Spesifikasi

Mitsubishi Xpander Cross MT 
Harga: Rp 270,7 juta 
Mesin: 1.499 cc MIVEC DOHC
Tenaga: 105 ps/6.000 rpm
Torsi: 141 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi: manual 5 percepatan

Foto: Danu


Tags Terkait :
Mitsubishi Xpander Cross Xpander First Drive
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Mitsubishi Xpander Cross Elite Limited Edition. Selisih Rp 10Juta, Dapat Barang Istimewa Edisi Terbatas

4 hari yang lalu


Berita
Mitsubishi Beri Kisi-Kisi Dua Produk Anyar Di GIIAS 2024

2 minggu yang lalu


Tips
Kiat-Kiat Agar Transmisi Otomatik CVT Mobil Anda Awet

3 minggu yang lalu


Berita
Toyota Avanza dan Veloz Hybrid Gagal Meluncur Tahun Ini

4 minggu yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

18 menit yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

1 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

5 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

7 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

9 jam yang lalu