PLN: Seluruh Rest Area Sumatera-Jawa Tersedia SPKLU

 Erie W. Adji    06 May, 2024
Berita

PT PLN (Persero) memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) kini telah tersedia di setiap rest area yang tersebar di Jalan Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. "Hari ini kita pastikan SPKLU sudah ada di setiap rest area di sepanjang Tol Trans Sumatera dan Jawa," kata Vice President Pengembangan dan Komersialisasi Produk Niaga PLN, Rudiana Nurhadian, di acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di Jakarta pekan lalu (1/5). 

Rudiana menambahkan, fasilitas SPKLU juga tersedia di kantor-kantor cabang PLN di seluruh Indonesia yang bisa dimanfaatkan pengguna mobil listrik untuk pengisian daya. Saat ini, terang Rudiana, sebanyak 1.370 unit SPKLU telah terpasang di 948 titik di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), terdapat 2.182 unit yang telah terhubung dengan jaringan PLN.

Dalam kesempatan itu, Rudiana juga memaparkan bahwa telah terjadi peningkatan transaksi di SPKLU selama periode mudik Lebaran 2024.

PLN mencatat, sejak tanggal 3 April sampai 19 April 2024, terdapat lebih dari 12 ribu transaksi di SPKLU atau meningkat lima kali lipat dibandingkan musim mudik Lebaran 2023.

"Jadi kalau 2023 ada 2.500 transaksi, di 2024 ini telah mencapai lebih dari 12 ribu transaksi," ujar Rudiana lagi. Seperti dikutip dari Antara.

Disebutkannya lagi, sejumlah titik lokasi yang mengalami transaksi SPKLU terbanyak antara lain Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Peningkatan transaksi turut diikuti oleh jumlah konsumsi listrik di SPKLU yang juga meningkat. Total konsumsi listrik SPKLU juga meningkat dari 48 megawatt hour (mWh) pada musim mudik Lebaran 2023 menjadi 253 megawatt hour (mWh) pada Lebaran 2024.

"PLN akan terus meningkatkan infrastruktur SPKLU dan kami sadari kami tidak bisa berjalan sendirian PLN mendorong juga swasta ikut berkolaborasi dalam pembangunan infrastruktur SPKLU ini," pungkasnya. (EW)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaPLN: Tambah 111 SPKLU Di Rest Area 2 hari laluBeritaViral Anak-Anak Lempar Batu Dari Jembatan Tol, Ancamannya 5 Tahun Penjara13 May 2024BeritaJasa Marga: Opsi Contra Flow Untuk Libur Long Weekend Ini 10 May 2024BeritaPabrikan Mobil Listrik Di Cina Kelebihan Produksi?10 May 2024

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Daftar Harga MINI Terbaru (Mei 2024)
Hyundai Siapkan Ioniq 3 Sebagai Pesaing Langsung EV Murah Dari China
Melibas Jalanan Menanjak Dari Jakarta Hingga Setiabudi Bandung, Segini Konsumsi BBM GWM Tank 500 HEV

Berita Terbaru

BeritaPerhatikan Aturan Penggunaan Space Saver Tire4 jam laluKomparasiKomparasi Performa dan Dimensi Jeep JL Wrangler dan BAIC BJ406 jam laluBeritaHonda Berkolaborasi Dengan IBM Untuk Kembangkan Software dan AI22 jam laluBeritaMelihat Langsung Megahnya Pabrik VinFast di Vietnam, Jadi Bekal Bersaing di Tanah Air23 jam laluBeritaBumblebee Versi Listrik Bakal Meluncur 2026, Simak Bocorannya23 jam laluBeritaBuat Para Penggemar Kecepatan, Hyundai Ioniq 5 N Sebentar Lagi Datang1 hari laluMobil ListrikToyota Hilux EV Segera Hadir Tahun Depan1 hari laluBeritaKesuksesan Vinfast Di Negara Asalnya Akan Diimplementasikan Di Indonesia1 hari lalu