Pertamina: Kehabisan BBM Di Jalan Saat Mudik Bisa Kontak 135

 Erie W. Adji    28 March, 2024
Berita

OTODRIVER - Dalam rangka ikut melancarkan perjalanan pemudik selama masa liburan Lebaran 2024 PT Pertamina (Persero) menyediakan jasa antar BBM bagi masyarakat yang kehabisan bensin saat terjebak macet dalam perjalanan mudik.

“Bagi yang mudik melewati tol, kemudian terjadi kemacetan, kemudian BBM-nya hampir habis, ini bisa menelepon ke call center kami, 135, untuk minta dikirimkan BBM,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso pekan ini (27/3).

Dalam mengantarkan kebutuhan BBM tersebut, kata Fadjar, terdapat motoris yang akan masuk lewat tol dan dikawal oleh polisi. Hal ini memungkinkan karena Pertamina telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Polri.

“Sehingga kami diizinkan untuk masuk ke jalan tol dengan motoris itu, supaya bisa menuju ke masyarakat yang membutuhkan,” ucap Fadjar lebih lanjut.

Pertamina menyediakan 54 motoris untuk mengawal kelancaran distribusi BBM selama musim mudik tahun ini.

Selain fasilitas tersebut, Fadjar juga mengatakan bahwa Pertamina menambah stok BBM di setiap rest area, termasuk memastikan terdapat sebanyak 200 mobil tangki yang standby. “Di jalur arteri juga kami siapkan,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Tidak hanya untuk kebutuhan BBM saat terjebak macet, call center 135 juga dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan Pertamina Delivery Service. Layanan ini diperuntukkan kepada masyarakat yang membutuhkan LPG atau BBM.

Dalam rangka memastikan seluruh subholding dan anak usahanya siap memenuhi kebutuhan energi seluruh pelosok negeri saat libur Idul Fitri, Pertamina juga meluncurkan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI).

Fadjar mengatakan bahwa Pertamina telah mengamankan stok minyak mentah, serta melakukan optimasi kapasitas pengolahan.

Secara keseluruhan, menurutnya, kesiapan kapasitas pengolahan kilang telah mencukupi untuk produksi BBM guna memenuhi kebutuhan pada momen Ramadhan dan Idul Fitri. “Kami ingin menyampaikan, mengimbau kepada masyarakat, tidak perlu khawatir terkait kebutuhan energi,” yakin Fadjar.

Disarankan transaksi “cashless”

Sementara itu pihak PT Pertamina (Persero) juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang menjalani perjalanan di msa libur Lebaran 2024 untuk melakukan pembayaran “cashless” alias transaksi nontunai di SPBU. Hal ini untuk mencegah antrean panjang dan menjaga keamanan petugas.

“Kami mohon bantuannya, mengimbau kepada masyarakat ketika membeli BBM di rest area atau di SPBU, bisa menggunakan cashless atau bisa menggunakan MyPertamina juga,” harap Fadjar.

Metode tersebut, tutur Fadjar melanjutkan, dapat menurunkan durasi transaksi tiap konsumen, sehingga antrean untuk membeli BBM tidak akan begitu panjang. Mengacu dari pengalaman 2023, Fadjar mengatakan bahwa 95 persen dari transaksi pembelian BBM di SPBU masih menggunakan uang tunai.

“Ini sangat berpotensi menyebabkan antrean yang cukup panjang, dan juga terkait dengan risiko keamanan SPBU atau petugas SPBU itu sendiri, karena memegang uang cash dalam jumlah yang besar. Tentu sangat berisiko,” wanti Fadjar.

Adapun kesiapan Pertamina dalam pembayaran nontunai, yakni aplikasi MyPertamina yang dapat digunakan untuk pembayaran BBM. Pertamina juga menerima pembayaran yang menggunakan kartu debit maupun QRIS.

“Sehingga memudahkan, mempercepat proses transaksi, sehingga antrean bisa kami hindari dan tidak berdampak pada kemacetan,” ucap Fadjar.

Dalam rangka mengantisipasi masyarakat yang masih membayar dengan tunai, Fadjar mengatakan bahwa Pertamina juga sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah bank di beberapa daerah untuk tetap buka saat musim mudik dan Lebaran.

“Ketika ada yang masih menggunakan cash, ya cash-nya itu akan langsung disetorkan kepada bank terdekat, supaya tidak terjadi penumpukan uang di SPBU,” tegasnya kemudian. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-619 jam laluTipsSetelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya1 hari laluBeritaGWM Tank 300 PHEV Meluncur Di Beijing Auto Show 20245 hari laluBeritaLebaran Tahun Depan, Contra Flow Untuk Jalan Tol Akan Dikawal “Safety Car”21 April 2024

Trending

Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaDaihatsu Jamin Model 2024 Aman dan Bebas Skandal Uji Tabrak42 menit laluKomparasiKomparasi Dimensi, Spesifikasi Mesin, Dan Harga Citroen C3 Aircross vs Rival4 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUBARU Terbaru (April 2024)5 jam laluBeritaFortuner Pelat Dinas TNI Palsu Arogan Menabrak Mobil Lain, Ketahui Lagi Fungsi Semestinya Towing Bar7 jam laluBeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-619 jam laluMobil ListrikTidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik23 jam laluMobil ListrikXiaomi Untung Besar, Mobil Pertamanya SU7 Laris Manis Terpesan 70.000 Unit1 hari laluTipsSetelah Mudik Rem Mobil Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya1 hari lalu