Mengenal Mobil PHEV Pertama Di Dunia, Ternyata Buatan BYD

 Aditya Widiutomo    23 February, 2024
Berita

OTODRIVER -  BYD F3DM menjadi mobil berpenggerak Plug-in Hybrid pertama di dunia. Mobil ini dikembangkan dari basis F3 yang merupakan mobil perdana lansiran BYD.

BYD F3DM sendiri diproduksi pertama kalinya pada tahun 2008. Huruf ‘DM’ sendiri memiliki makna dual-mode yang artinya bisa menggunakan motor listrik murni dan juga perpaduan antara mesin bensin konvensional dengan motor listrik alias hybrid.

Engine Bay  BYD F3DM

“Setelah kami menciptakan mobil perdana kami, yakni F3 F3DM dengan teknolologi Plug-in Hybrid. F3DM menjadi mobil PHEV pertama di dunia,” ujar Jacob Ma selaku Head of Training BYD Asia Pasific, Assistant President Director BYD Motors Indonesia saat press conference di IIMS 2024, Rabu (21/2).

F3DM dibekali dengan mesin bensin konvensional berkapasitas 1.000 cc 3 silinder yang berpadu dengan motor listrik ganda dengan tenaga masing-masing 34 hp dan 67 hp.

Motor listriknya ini lantas berpadu dengan baterai berkapasitas 16 kWh serta solar panel yang terdapat di bagian atap. BYD sendiri mengklaim bahwa F3DM dapat melaju dengan mengandalkan motor listrik saja sejauh 60 km.

Solar panel F3DM

Tetapi, jarak tempuh kombinasi F3DM diklaim mencapai 480 km dalam sekali pengisian daya dan pengisian bahan bakar penuh.

Secara desain, tentu saja F3DM tampil tak jauh berbeda dengan mobil perdana BYD F3. Secara siluet bodi, F3 mirip dengan Toyota Corolla Altis keluaran tahun 2002-2007. Namun lampu belakangnya, justru desainnya mirip dengan Honda City generasi keempat. (AB/AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSPY SHOT: BYD Double Cabin Terlihat Lebih Jelas2 hari laluBeritaPresiden AS Diminta Boikot EV China, Ini Alasannya14 April 2024BeritaBYD Luncurkan Blade Baterai Gen 2 Bulan Agustus Nanti, Ini Keunggulannya10 April 2024BeritaDuel Pabrikan China, BYD Dan Geely Siapkan PHEV Dengan Jarak Tempuh 2.000 km01 April 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaMudik In Style 2024, Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce2 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan3 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion5 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 7 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 21 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20241 hari lalu