Korlantas Polri: Menunda “One Way” Hari Ini

 Erie W. Adji    13 April, 2024
Berita

OTODRIVER - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menunda sistem rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali yang sebelumnya direncanakan akan diberlakukan pada Jumat (12/4) ini pukul 14.00 WIB.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, menjelaskan bahwa penundaan rekayasa lalu lintas one way tersebut karena arus laju kendaraan yang bergerak dari arah timur masih di bawah ambang batas traffic counting.

"Kami memutuskan untuk one way dari (Km) 414 (Tol Kalikangkung) hingga (Km) 72 Tol Cipali yang sebelumnya direncanakan berlangsung pada 14.00 WIB ini sementara kami tidak laksanakan,” kata Aan Suhanan di Gedung Utama Korlantas Polri, Cawang, Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antara.

Aan mengatakan bahwa pergerakan lalu lintas dari arah timur telah terekam dalam traffic counting di KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 211B Tol Palikanci. Namun, angkanya masih di bawah parameter 2.800 kendaraan per jam hingga pukul 10.00 WIB.

"Setelah kami evaluasi, kami menghitung beberapa trafficcounting yang ada sebagai parameter pemberlakuan rekayasa lalu lintas mulai dari arah timur yang ke arah Surabaya, kemudian Solo, Yogya ini ada trafficcounting di KM 415 ini angkanya masih 1.178 rata-rata 3 jam. Artinya ini masih di bawah parameter yang ada di 2.800 per jam," ungkap perwira tinggi yang pernah menjabat Dirgakum Korlantas Polri tahun 2021 ini.

"Kemudian kami ke (Tol) Palikanci, di kilometer 211B, ini untuk melihat kendaraan yang masuk dari Pejagan atau dari feeder yang ada setelah Kalikangkung, ini angkanya juga masih di bawah parameter yang ada. Rata-ratanya ada di 881 kendaraan dari parameter 2.800," sambung Aan lagi.

Kendati masih berada di bawah parameter, Aan mengakui memang terjadi kenaikan tren jumlah kendaraan di masing-masing trafficcounting. "Namun, ini masih belum signifikan," imbuhnya.

Tidak lupa, Kakorlantas Polri berpesan kepada pemudik untuk menjaga kondisi tubuh senantiasa dalam keadaan prima. Apabila terasa lelah, beristirahat dan jangan memaksakan untuk tetap berkendara.

"Saya kira itu belajar dari beberapa kejadian yang kemarin, ya, semuanya adalah karena kelelahan. Tolong ini disampaikan kepada masyarakat, ini sangat fatal akibatnya apabila kita tetap memaksa untuk berkendara dan berdoa jangan lupa, selamat kita. Kalau naik di angkutan umum, pastikan angkutan umum yang resmi biar terjamin kendaraannya," wanti Aan. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaWuling Cloud EV ‘Menyala’ Di Ajang Pameran Kendaraan Listrik1 hari laluBeritaJumlah Kendaraan Bermotor Di Jakarta Bulan Ini: 24 Jutaan Unit 2 hari laluBeritaGIIAS 2024 Hadir Lebih Awal dan Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarah, 300 Kendaraan Baru Bakal Meluncur3 hari laluBeritaLalu Lintas Jakarta: Waktu Tempuh Per 10 Kilometer Yaitu 19 Menit3 hari lalu

Trending

Honda Freed Generasi Ke-3 Resmi Diperkenalkan
Daftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)
Cocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini
GIIAS 2024 Hadir Lebih Awal dan Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarah, 300 Kendaraan Baru Bakal Meluncur
Daftar Harga MAZDA Terbaru (Mei 2024)

Berita Terbaru

TipsBolehkah Menambah Angin Ban Nitrogen Dengan Angin Biasa3 jam laluBeritaMobil Perdana Xiaomi Mogok Padahal Baru Digunakan 39 KM, Apa Masalahnya?18 jam laluBeritaMeski Mengusung Teknologi Hybrid Tank 500 Tetap Boros, Ini Tanggapan Pihak GWM Indonesia19 jam laluBeritaJDM Funday Dihelat di Mandalika, Banyak Mobil Jepang Berperforma Tinggi Unjuk Kebolehan20 jam laluBeritaIoniq 5 Dan Ioniq 6 Direcall Untuk Update ICCU, Apa Masalahnya?20 jam laluBeritaHonda Freed Generasi Ke-3 Resmi Diperkenalkan21 jam laluBeritaPerusahaan Filter Jerman Dirikan Unit Usaha di Indonesia 21 jam laluBeritaHyundai Gandeng BAIC Bikin EV Di China22 jam lalu