KIA Recall Telluride Karena Gampang Terbalik Saat Diparkir, Kok Bisa?

 Ahmad Biondi    31 March, 2024
Berita

OTODRIVER - Kasus unik terjadi di Amerika Serikat dan memaksa KIA harus melakukan penarikan kembali terhadap 427.000 Telluride yang sudah dijual. Recall tersebut dilakukan karena potensi cacat produksi yang dapat menyebabkan kendaraan terguling saat diparkir.

Dilansir Automotive News, penarikan tersebut mencakup crossover besar Telluride tahun keluaran 2020 hingga 2024.

Penyebabnya ialah poros tengah dan poros penggerak depan kanan pada kendaraan-kendaraan tersebut mungkin tidak sepenuhnya bergerak karena dugaan perakitan yang tidak tepat oleh pemasok, menurut laporan penarikan yang diserahkan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA).

"Seiring waktu, keterlibatan parsial dapat menyebabkan kerusakan pada poros tengah, di mana poros yang rusak dapat mengakibatkan gerakan kendaraan yang tidak diinginkan saat parkir, jika rem parkir tidak diaktifkan,” Kia menjelaskan.

SUV mewah Telluride di pasar Amerika Serikat

Untuk mencegah kendaraan terguling, produsen otomotif asal Korea Selatan itu menyarankan pemilik untuk memindahkan transmisi ke posisi "parkir" dan mengaktifkan rem parkir elektronik secara manual sebelum keluar dari kendaraan.

Kia mengatakan kepada NHTSA bahwa tidak ada cedera, kecelakaan, atau kematian terkait braket bantalan dan rakitan poros, yang dipasok oleh Mobis Alabama, menurut laporan tersebut.

Untuk memperbaiki masalah ini, diler akan memasang perangkat lunak rem parkir elektronik yang diperbarui. Jika ditemukan kerusakan pada poros tengah mobil setelah pembaruan, diler akan mengganti bagian tersebut. Pemilik akan diberitahu mulai tanggal 15 Mei.

Namun demikian, kasus ini akan terjadi di Amerika Serikat saja. Karena hingga saat ini Telluride belum dijual di tanah air. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaAlasan Carnival Hybrid Belum Hadir Di Indonesia18 jam laluBeritaKia Carnival Facelift Resmi Meluncur, Termahal Rp 1,155 Miliar1 hari laluBeritaSetelah EV3, Kia Bakal Rilis Carens EV?3 hari laluMobil ListrikKIA Pasang Target EV3 200.000 Unit Terjual Setiap Tahunnya5 hari lalu

Trending

Harga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?
Harga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas
Ganti Aki Ternyata Ada Persyaratan Dan Strateginya
Inilah Mobil Chery Paling Laris di Jawa Tengah
Segini Hasil Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Digeber Jakarta-Semarang

Berita Terbaru

BeritaDokter Mobil Kolaborasi Dengan Mitra Dari Malaysia, Gandeng Ojol Terapkan Strategi "Sharing Economy" Di Indonesia11 jam laluBeritaFakta Menarik, di Surabaya Rata-Rata Mobil Chery Warnanya Sama11 jam laluMobil ListrikDFSK Perlihatkan Kasta Tertinggi Mobil Listriknya, SERES 7 di Surabaya12 jam laluBeritaBYD Perkenalkan Dua Sedan PHEV Dengan Jarak Tempuh 2.100 km 12 jam laluBeritaBengkel Khusus Mobil Hybrid Dan EV Kini Hadir Di Indonesia14 jam laluBeritaMayoritas Pedagang Mobil Bekas Belum Berani Sentuh Mobil Listrik17 jam laluBeritaAlasan Carnival Hybrid Belum Hadir Di Indonesia18 jam laluBeritaVROST Bersaing di Kelas Kaca Film dan Paint Protector Terjangkau di Indonesia20 jam lalu