Hyundai Gandeng BAIC Bikin EV Di China

 Suryo Sudjatmiko    09 May, 2024
Berita

OTODRIVER - Tiongkok saat ini merupakan pasar terbesar mobil listrik dunia. Pasar EV dalam negeri tirai bambu ini terus mengalami kenaikan dan persentasenya terus mengalami peningkatan.

Potensi pasar yang positif inilah yang menjadi daya tarik bagi semua pabrikan tak terkecuali pabrikan di luar China.

Hyundai menjadi salah satu yang semakin serius menggarap pasar gendut otomotif dunia itu, tentunya di segmen mobil elektrik. Untuk masuk ke ‘kandang macan’ EV, Hyundai tak segan menggandeng mitra lokal yakni BAIC.

Seperti diwartakan oleh Korea Economic Daily, sumber yang berasal dari orang dalam Hyundai membocorkan bahwa Hyundai bersama mitra lokal BAIC akan membuat mobil listrik baru ekslusif untuk pasar China.

Model dengan kode internal OE RE ini akan dimiliki masing-masing 50 persen oleh Hyundai dan BAIC dan akan menawarkan mobil listrik dengan baterai LFP lebih murah.

Rencana sebelumnya bagi Hyundai untuk memproduksi mobil listrik merek BAIC Arcfox di Tiongkok di pabrik patungan di Beijing tersebut gagal karena alasan keuangan, artikel tersebut menyatakan, mengutip sumber internal.

Arcfox itu sendiri adalah merek premium yang didirikan oleh pabrikan mobil Tiongkok pada tahun 2017. Ini adalah pertama kalinya Hyundai membuat mobil dari merek yang bukan bagian dari grupnya sendiri.

Gagasan di balik strategi yang tampaknya dibatalkan ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan kapasitas pabrik Hyundai di Tiongkok, yang saat ini berada di bawah 50 persen.

Menurut artikel sebelumnya di Korea Economic Daily, Hyundai awalnya berencana meluncurkan model listrik merek Ioniq di Tiongkok. Namun, rencana ini dibatalkan karena dianggap terlalu berani untuk bersaing dengan brand lokal yang menjadi dominator mobil elektrik seperti BYD.

Menggunakan brand Hyundai dengan produk yang ekslusif untuk pasar domestik China menjadi strategi yang dianggap lebih kuat. Ini merupakan inisiatif Beijing Hyundai Motor yang diluncurkan pada Juni 2023 silam.

Bahkan lebih jauh lagi, kolaborasi ini menargetkan untuk menghasilkan hingga lima model EV di pasar lokal China dalam waktu tiga tahun. (SS)   

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

KomparasiKomparasi Performa dan Dimensi Jeep JL Wrangler dan BAIC BJ401 hari laluBeritaBuat Para Penggemar Kecepatan, Hyundai Ioniq 5 N Sebentar Lagi Datang2 hari laluBeritaPrestige Motor Resmi Jadi Dealer BAIC. Akan Sediakan Lahan Khusus Untuk Test Drive Off-Road2 hari laluBeritaUndangan Hyundai N Yang Bikin Greget4 hari lalu

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Hyundai Siapkan Ioniq 3 Sebagai Pesaing Langsung EV Murah Dari China
Subaru Jual Murah Mobil-Mobil Ex-Display, Ini Bocorannya
Mengenal BAIC X-55 II, Lawan Terberat Almaz dan Omoda 5

Berita Terbaru

BeritaDari Sekian Banyak Model Baru, Ternyata Inilah Mobil Favorit Gen Z1 jam laluBeritaGWM Percaya Diri Jadi Mobil Cina Pertama Yang Incar Pasar Premium3 jam laluBeritaSelain Ora O3 CKD, GWM Siapkan Kejutan Dua Model Ini Di GIIAS 20244 jam laluDaftar HargaDaftar Harga Compact SUV (Mei 2024)5 jam laluBeritaKia Carens Facelift Muncul Di India7 jam laluBeritaThe Elite Showcase 2024: Modifikasi Indonesia Makin Berstandar Internasional18 jam laluBeritaInilah Tiga Mobil Terlaris Honda Saat Ini, WR-V Naik Ke Urutan Ketiga20 jam laluBeritaKorea Selatan Impor Banyak Kendaraan Listrik, Inilah Tiga Model Terbanyak Nomor Satunya Tesla22 jam lalu