Toyota Katakan Hidrogen Sebagai Opsi Masa Depan Otomotif

 Suryo Sudjatmiko    06 December, 2023
Berita

OTODRIVER - Toyota merupakan salah satu pabrikan dunia yang relatif terlambat memasuki ajang persaingan mobil Listrik. Salah satu sebab ‘keterlambatan’ itu dikarenakan mereka percaya bahwa mobil full listrik bukan satu-satunya cara untuk mencapai zero emission.

Bahkan pada perkembangannya, The Three Ovals berpendapat bahwa mesin pembakaran internal masih bisa bertahan dengan beralih ke hidrogen.

Seperti dilansir Autocar, Manajer Gazoo Racing Masahito Watanabe mengatakan bahwa jajaran mobil yang seluruhnya menggunakan baterai bukanlah tujuan akhir karena emisi nol dapat juga dicapai dengan hidrogen.

“Kami masih menganggap mesin pembakaran internal memiliki beberapa potensi dalam hal ini kami tentu akan berusaha mematuhi semua aturan yang berlaku sesuai wilayah di masing-masing negara,” ujarnya. “Namun kami tidak mau menyerah. Ini belum berakhir, karena jika Anda melihat mesin pembakaran internal, masih ada pembakaran hidrogen yang bisa menjadi bagian dari jajaran produk tanpa emisi, jadi saya rasa hal itu akan terus berlanjut,” lanjutnya.

Namun, Watanabe mengakui bahwa ada kendala besar berkenaan dengan infrastruktur pengisian daya hidrogen saat ini. Ia tak menutup mata bahwa untuk mengisi bahan bakar hidrogen untuk saat ini jauh dari memadai. Mobil-mobil berbahan bakar hidrogen seperti Mirai menjadi sangat ekslusif untuk digunakan.

Walau demikian, Watanabe memiliki keyakinan adanya harapan untuk menjual secara luas mobil beremisi air ini, di mana negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang mulai banyak stasiun pengisian BBM hidrogen.

Saat ini Toyota telah memiliki GR Yaris dan GR Corolla yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Keduanya menggunakan mesin tiga silinder turbocharged yang dikonvesi untuk bisa mengkonsumsi hidrogen dan keduanya berhasil menunjukkan kinerja yang memuaskan. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaToyota bZ4X Bisa Dicicil Dengan Bunga 0% di IIMS 2024, Berikut Skema Kreditnya2 hari laluBeritaBelum Resmi Meluncur, Harga Toyota Hilux Rangga Terkuak4 hari laluBeritaDijual Rp 1,8 Miliar, Begini Spesifikasi Toyota Vellfire Hybrid4 hari laluBeritaSeperti Ini Wujud Toyota Hilux Rangga Dari Dekat5 hari lalu

Trending

Belum Resmi Meluncur, Harga Toyota Hilux Rangga Terkuak
Apakah Itu Lampu BiLED?
Maxus 9 Resmi Di Bawah Bendera MG Motor, Ini Alasannya
Hyundai Kona EV Resmi Diperkenalkan, Harga Rp 500-600 Jutaan
Chery Tiggo 5X, Resmi Diperkenalkan Di Indonesia (20 FOTO)

Berita Terbaru

BeritaChery Omoda E5 Ditargetkan Tembus 800 SPK Selama IIMS12 jam laluBeritaUpping Price Suzuki Jimny-5 door, YLKI Sebut Tidak Ada Pelanggaran Hak Konsumen14 jam laluBeritaDesainer Jimny : Suzuki Jimny 5-door Sudah Dirancang Sejak Awal Kelahiran Gen IV15 jam laluBeritaChery Tiggo 5X Resmi Meluncur, Harga Mulai Dari Rp 249 Juta16 jam laluMobil ListrikSolusi Sewa Baterai, VinFast Dilirik Perusahaan Taksi17 jam laluBeritaHeboh Soal ‘Upping Price’ Suzuki Jimny 5-door, Apa Harus Beli Sekarang? 19 jam laluBeritaGreat Wall Motor Pastikan Diri Bermain Di Segmen Premium19 jam laluTipsPenyebab Tapak Ban Mobil Tak Habis Secara Merata22 jam lalu