Tilang Manual Ditiadakan Diganti Tilang Elektronik Selama Libur Nataru

 Erie W. Adji    26 December, 2023
Berita

OTODRIVER – Selama masa libur Nataru pihak Korps Lalu Lintas Polri menghentikan sementara tindakan tilang manual atas pelnaggaran lalu lintas. Sebagai gantinya akan memaksimalkan tilang elektronik.

Sebagaimana diutarakan oleh Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri, Komisaris Besar Eddy Djunaedi dalam konferensi pers “Persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (15/12). Pemanfaatan tilang elektronik akan berlaku di seluruh wilaya Indonesia.

“Saat ini pihak Polri sudah memiliki 433 kamera statis untuk penegakan hukum lalu lintas secara elektronik (ETLE), lima untuk weigth in motion atau penimbangan yang bersifat mobile, kemudian 806 mobile handheld, dan 65 mobile on-board,” uangkap Eddy seperti dilansir oleh Antara.

Diakui juga oleh Eddy bahwa jumlah kamera pantau tersebut memang masih butuh penambahan yang sebarannya di seluruh wilayah Nusantara.

Kebutuhannya, menurut Eddy lagi, yaitu 3.465 kamera statis, 1.472 kamera weight in motion. Sementara pihak Korlantas sendiri masih butuh tambahan 39.691 kamera mobile handheld, 1.261 kamera mobile on-board, dan 737 kamera portable untuk ETLE.

Biarpun masih terkendala jumlah peranti pendukung kerja, Eddy disebutkannya sudah teruji dalam mendeteksi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor sejauh ini.

Tidak lupa diingatkan bahwa bagi pengendara yang terkena tilang elektronik selama musim libur Nataru bisa langsung mengurusnya ke kantor polisi wilayah setempat. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaTilang Uji Emisi Akan Dilakukan dengan E-TLE14 September 2023BeritaOperasi Zebra Digelar, Waspada Penipuan Surat Tilang Via WhatsApp04 September 2023BeritaPelanggar Lalu Lintas Meningkat, Tilang Manual Kembali Berlaku16 May 2023BeritaJangan Bandel, Tilang Elektronik Tetap Berlaku saat Periode Mudik Lebaran 202313 April 2023

Trending

Daftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)
Daftar Harga NISSAN Terbaru (April 2024)
GWM Tank 500 Hybrid Bisa Ditebus Mulai Rp 200 Jutaan, Begini Skema Kreditnya
Daftar Harga MITSUBISHI Terbaru (Mei 2024)
Ini Tanggapan Pihak BYD Mengenai Inden Mobil Mereka Yang Disebut Warganet Terlalu Lama

Berita Terbaru

BeritaForce Gurkha, Sebuah Mercedes-Benz G-Class Ala India7 menit laluBeritaWuling Ajak Komunitas Jajal Langsung Cloud EV13 jam laluBeritaCocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini18 jam laluBeritaGWM Tank 700, Sosok G-Class Ala China20 jam laluBeritaWuling Cloud EV Dirancang Khusus Untuk Setir Kanan21 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MAZDA Terbaru (Mei 2024)22 jam laluBeritaIni Alasan Ferrari Tetap Kembangkan Mesin V12 di Era Elektrifikasi1 hari laluBeritaFirst Drive Wuling Cloud EV. Model Terbesar Dengan Desain Minimalis1 hari lalu