Sejarah Panjang Honda Civic Type R di Dunia

 Ahmad Biondi    31 March, 2023
Berita

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan All New Civic Type R di Indonesia pada 30 Maret 2023. Kehadiran sedan berperforma tinggi asal Jepang ini, sudah ditunggu-tunggu para pencinta otomotif. Pasalnya Type R punya sejarah panjang sebagai sedan kencang. Model terbaru, bahkan telah memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, dengan mencatat Lap Time 2 menit 23.120 detik.

Dijual dengan harga yang fantastis nyaris Rp 1,4 miliar, Civic menawarkan desain yang agresif serta didukung mesin bertenaga. Bisa dibilang, pembeli Civic Type R terbaru adalah seorang yang sudah mengetahui sejarah panjang mobil ini dan rela mengeluarkan kocek besar untuk mewujudkan mimpinya.

Menurut catatan, yang hadir saat ini memasuki generasi keenam Civic Type R. Nah, bagi yang ketinggalan dengan generasi-generasi sebelumnya, berikut rangkumannya mengutip dari carlifenation.com dan drive.com,

Generasi ke-1: EK9

Dimulai pada tahun 1997, Honda Civic generasi keenam adalah yang pertama menjadi Type R. Dirakit dan dijual di Jepang secara eksklusif hingga tahun 2000. Dikenal sebagai EK9 oleh para penggemar Honda. Dipersenjatai mesin 1.600 cc tenaganya mencapai 182 HP dan torsi puncak 118 Nm.

Generasi ke-2: EP3

Pada tahun 2001, Honda Civic Type R generasi kedua diperkenalkan, kali ini di pasar Eropa dan Jepang. Namun, kedua varian tersebut diproduksi di Swindon, Inggris. Mereka memiliki mesin 2.000 cc yang lebih besar dengan transmisi manual 6 percepatan.

EP3 versi Eropa kehilangan beberapa elemen motorsport yang ada di EK9. Seperti kursi Recaro yang keren.

Civic Type R FD2

Generasi ke-3: FD2 dan FN2

Kembali pada tahun 2007, sekali lagi dengan dua versi, FD2 untuk pasar Jepang dan FN2 untuk pasar internasional. FD2 dan FN2 meski diproduksi dalam waktu yang berbarengan, tapi antara kedua mobil ini benar-benar berbeda.

FD2 Jepang membuat sejarah Tipe R dengan menjadi versi pertama yang ditawarkan sebagai sedan 4 pintu, bukan sebagai hatchback. Ini juga memiliki jarak sumbu roda yang lebih lebar yang mendukung output lebih tinggi 222 HP. Sedangkan untuk FN2 menggunakan gaya bodi hatchback dengan dua pintu dan menggunakan mesin yang sama dengan model FD2. Hanya saja tenaga mesinnya lebih kecil yakni di angka 201 HP.

Civic Type R FN2

Generasi ke-4: FK2

Setelah lama absen, generasi keempat Honda Civic Type R, FK2, memulai debutnya sebagai hatchback 5 pintu di Geneva Motor Show pada tahun 2015. Ini adalah Civic Type R pertama yang ditenagai oleh mesin I4 turbocharged dan punya tenaga 306 HP. Ia mencetak lap pemecah rekor di Nurburgring dengan catatan waktu 7 menit 50,63 detik.

Generasi ke-5: FK8

Pada 2017, FK8 menjadi Honda Civic Type R pertama yang dijual di Amerika Serikat. Ini menandai kembalinya model ini secara besar-besaran. Sangat pantas, karena ia juga baru memecahkan rekor Nurburgring yang dipegang generasi sebelumnya.

Untuk generasi keempat tampilannya juga sudah sangat agresif dengan grill yang besar khas generasi baru Honda saat itu.

Civic Type R FK8

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit1 hari laluBeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV5 hari laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 19 April 2024BeritaHonda Kenalkan Sub-Brand Khusus EV Di Cina, Langsung Pamer 3 Mobil Konsep Baru17 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya
Mudik In Style 2024, Plus-Minus Stargazer X Ketika Melahap Lintas Sumatera

Berita Terbaru

BeritaNeta Resmi Memproduksi Mobil di Dalam Negeri, Model Ini Yang Pertama Dirakit dan Dijual12 jam laluBeritaNissanConnect Resmi Diluncurkan, Memiliki Banyak Fungsi Bikin Mobil Nissan Lebih Canggih13 jam laluBeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia15 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)16 jam laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun18 jam laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?1 hari laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya1 hari laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit1 hari lalu