Nantinya, Semua Mobil Listrik di Indonesia Akan Dapat Subsidi

 Gemilang Isromi Nuar    15 March, 2023
Berita

Saat ini terdapat hanya dua produsen mobil yang menerima bantuan subsidi kendaraan listrik dari pemerintah, yaitu Hyundai dengan Ioniq 5 dan Wuling bersama Air EV. Tetapi melalui kabar terbaru yang disampaikan Menteri Koordinator bidan Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa kelak pasti tak hanya dua brand tersebut yang dapat.

"Nggak hanya Wuling dan Hyundai, nantinya semua dapat subsidi. Saat ini sudah ada dua perusahaan besar lainnya yang akan dapat subsidi, tapi saya belum mau mention namanya," kata Luhut usai acara Indonesia Leading Economic Forum 2023, Jakarta, Selasa (14/3) dikutip dari cnbcindonesia.com

Ia juga menambahkan, pemberian subsidi kepada semua mobil listrik diharapkan agar Indonesia tidak kalah kompetisi dengan negara lain, terutama dengan negara tetangga Indonesia. "Tapi kita tidak mau kalah kompetisi dengan negara-negara di sekitar kita," papar Luhut.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sudah membocorkan besaran bantuan dari pemerintah untuk mobil listrik Wuling Air Ev sebesar Rp 25 juta dan Hyundai Ioniq 5 Rp 80 juta.

"Jangan disebut memastikan, tapi sekitar Rp 70-80 juta bantuan pemerintah untuk mobil Ioniq 5. Kalau untuk Wuling bantuan pemerintah akan sekitar Rp 25-35 juta. Ini masih kita hitung dan kita lakukan segera," kata Agus usai Grand Launching PIDI 4.0 di Jakarta, Selasa (14/3).

Sebelumnya, Agus juga mengatakan para produsen dilarang menaikkan harga kendaraan. Pemerintah juga bakal melakukan pengawasan terhadap para produsen yang mendapat bantuan tersebut. "Kita sebagai pembina industri, kalau pedoman umumnya kita sampaikan ke Anda. Kalau Anda mengikuti program ini, maka Anda tidak bisa menaikkan harga sampai Desember 2023, itu mudah sekali. Maka insentif itu melalui produsen," ujar Agus saat konferensi pers Bantuan Subsidi Kendaraan Listrik di Jakarta, Senin (6/3).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaKecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan1 hari laluBeritaHyundai Palisade 2026 Lebih Berotot Dengan Tambahan Garis Bodi Baru Ala Creta1 hari laluBeritaSeberapa Murahkah Harga Hyundai New Kona EV?2 hari laluBeritaBanderol Hyundai All New Kona EV Tengah Digodog. Bidik Segmen Harga EV China?4 hari lalu

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaBuka Puasa Bersama Komunitas Suzuki Jimny Dan Katana2 jam laluBeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?18 jam laluBeritaSyugo Watanabe Resmi Jadi Bos Baru Honda Indonesia. Hybrid Jadi Jembatan Ke Full EV19 jam laluBeritaCatat, Ada Tujuh Tol Fungsional Gratis Buat Mudik 202419 jam laluBeritaHSR Luncurkan Speedster, Pelek Khusus Mobil Berukuran Kecil20 jam laluBeritaDigeber Jakarta-Semarang, Segini Konsumsi BBM Toyota Agya21 jam laluBeritaKorlantas Polri: Operasi Ketupat Lancarkan Arus Mudik 202422 jam laluKomparasiKomparasi Tenaga Motor Listrik, Kapasitas Baterai, Serta Range Mercedes-EQ EQE vs BMW i523 jam lalu