3 Hal yang Membuat Mobil Listrik Sepi Peminat

 Afrizal Abdul Rahman    02 June, 2023
Mobil Listrik

Pemerintah terus berupaya mendorong agar percepatan transisi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik cepat terealisasikan. Cara yang dilakukan yakni pemberian bantuan subsidi untuk kendaraan yang telah memenuhi komponen dalam negeri sebesar 40 persen.

Namun demikian pemerintah juga mengakui saat ini peminat kendaraan listrik (mobil listrik) masih sangat minim. Ternyata ada beberapa alasan mengapa peminat masih rendah.

"Kalau melihat isu nya itu ada beberapa pertama keraguan karena pilihan masih sedikit, kedua harga masih mahal dan yang ketiga infrastruktur kurang lengkap," ucap Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur & Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin, dikutip dari laman CNN.

Dalam hal ini pemerintah terus mendorong pabrikan yang sudah mengeluarkan kendaraan listrik untuk menambah model baru agar lebih banyak lagi varian mobil di Tanah Air.

"Beberapa pabrikan yang sudah ada kendaraan listrik masih kecil produknya, untuk itu kita dorong mereka agar expand produk dan akan banyak pilihan kalau sukses," tambahnya.

Seperti diketahui saat ini memang pilihan kendaraan listrik di Indonesia sudah cukup beragam, namun ada dua pabrikan yang hanya mendapatkan bantuan pemerintah yakni Wuling dan Hyundai. Keduanya sudah merakit kendaraan listrik di Tanah Air.

Di sisi lain pembangunan infrastruktur seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) nyatanya sudah cukup banyak tersebar, akan tetapi tak dibarengi dengan populasi yang semakin meningkat.

Kondisi tersebut tentu bisa menjadi penghambat target produksi kendaraan listrik di Indonesia, di mana pemerintah menargetkan 1 juta mobil listrik dan 32 juta motor listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSyugo Watanabe Resmi Jadi Bos Baru Honda Indonesia. Hybrid Jadi Jembatan Ke Full EV1 hari laluBeritaPertamina: Kehabisan BBM Di Jalan Saat Mudik Bisa Kontak 1351 hari laluBeritaNeta Gandeng Gotion Battery Untuk Tingkatkan TKDN Mobil Listriknya2 hari laluBeritaSeberapa Murahkah Harga Hyundai New Kona EV?3 hari lalu

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaPeriklindo: Road Map Elektrifikasi Nasional Tetap Berjalan1 jam laluBeritaMelihat Keunggulan BAIC X55 II, Bertenaga Mesin Lebih Besar Ketimbang Almaz dan Omoda 2 jam laluBerita Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Kawal Pemudik Lebaran 20242 jam laluMobil ListrikNissan Bakal Jual 16 Mobil Listrik di 20265 jam laluBeritaBAIC Resmi Jualan di Indonesia, Dua Model Ini Yang Bakal Dilepas Dalam Waktu Dekat6 jam laluBeritaAda Satu Merek Mobil Cina Lagi Meluncur Minggu Depan Di Indonesia8 jam laluBeritaBuka Puasa Bersama Komunitas Suzuki Jimny Dan Katana10 jam laluBeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?1 hari lalu